Jumat, 25 Februari 2011

7 dari 18 Jenis Sidat Dunia Terdapat di Indonesia

Sidat Kita

Sidat Kita
Indonesia negeri kepulauan, tentunya kaya akan laut dan perairan. Ini menjadi sebuah potensi yang sangat bagus jika benar-benar optimal diolah dan digarap dengan baik. Salah satu potensinya adalah perikanan di perairan kita.

Peneliti oseanografi LIPI Hagi Yulia Suhega menemukan adanya 7 jenis ikan sidat di perairan Indonesia. Penemuan ini sangat berarti mengingat jenis ikan tersebut hanya terdapat 18 jenis di dunia.

"Di luar negeri seperti Eropa, Amerika bahkan Jepang Ikan Sidat sangat
digemari karena berdasarkan penelitian, ikan ini mempunyai kandungan nutrisi yang paling tinggi di bandingkan ikan-ikan lainnya," kata Hagi di kantor LIPI, Jalan Gatot Subroto.

Penemuan ketujuh Ikan Sidat tersebut berada pada pinggiran perairan Pulau Sumatera, Jawa, Sulawesi, Kalimantan, Halmahera dan Papua. "Ketujuh jenis itu dibagi di semua perairan-perairan itu bukan masing-masing tujuh jenis sekalian ada di perairan-perairan tersebut," ujarnya.

Tujuh jenis Ikan Sidat tersebut dibagi dari beberapa spesies yaitu satu spesies dan sub spesies Sidat bersirip dorsal pendek (Anguila Bicolor dan Anguila Bicolor Pacifica). Dan 5 spesies Sidat dorsal panjang (Anguila Borneensis, Anguila Marmorata, Anguila celebensensis, Anguila megastoma dan Anguila interioris).
By. Sidat Kita
◄ Newer Post Older Post ►