Jumat, 25 Februari 2011

Bangun sarana pendidikan

Sulang- Desa Kemadu Kecamatan Sulang saat ini telah memprioritaskan bidang pendidikan untuk mencerdaskan generasi muda di desanya. Diantaranya membangun sarana pendidikan untuk anak, meliputi pembangunan gedung pendidikan anak usia dini ( PAUD ) dan tempat pembelajaran Al Quran. Sedangkan untuk memberikan ketrampilan bagi para ibu digelar pelatihan manjahit.


Kepala Desa Kemadu Kecamatan Sulang Muchlisin mengungkapkan, pembangunan gedung PAUD karena selama ini pihak desa belum memiliki fasilitas gedung. Gedung PAUD dibangun dengan dua ruang kelas difungsikan untuk pembalajaran taman kanak kanak dan PAUD. Sedangkan dana pembangunannya berasal dari bank dunia sebesar Rp 17 juta.


Sedangkan untuk pembangunan gedung pembelajaran Al Quran terdiri dari 1 ruang kelas berada di Rt 01 Rw 04. Dana pembangunanya berasal dari PNPM MD tahun 2010 sebesar Rp 50 juta. Pembangunan TPQ ini diharapkan dapat meningkatkan daya tarik para remaja didesa untuk belajar agama.


Sementara untuk pelatihan menjahit ini, lanjut dia, dimaksudkan untuk memberikan ketrampilan ibu-ibu agar nantinya bisa mendirikan usaha menjahit di lingkungannya. Dana Kegiatan tersebut merupakan bagian dari PNPM MD pola khusus tahun 2010 sebesar Rp 22 juta.


Selain itu menurut Muchlisin, Pihak desa juga memprioritaskan bidang infrastruktur di desa. Diantaranya membangun rabat beton sepanjang 200 meter di Rw 05 dan 06. Kedepan rencananya dilakukan pengaspalan jalan di Rt 03 Rw 04 dan Rt 01 Rw 01 masing masing sepanjang 500 meter.

◄ Newer Post Older Post ►