Rabu, 23 Februari 2011

Diabetes Mellitus

Diabetes Mellitus biasa di sebut penyakit gula, penyakit ini di sebabkan oleh beberapa faktor seperti turunan, mengkonsumsi makanan yang tidak teratur atau bisa juga karena efek mengkonsumsi obat tertentu. Banyak yang menganggap bahwa penyakit diabetes merupakan penyakit yang biasa di alami oleh orang lanjut usia atau penyakit yang timbul karena turunan. Pada dasarnya semua orang bisa mengalami penyakit diabetes mellitus.

Ada pun faktor-faktor yang paling erat kaitannya yang dapat menimbulkan datangnya penyakit diabetes millitus, berikut beberapa faktor yang menunjang hadirnya penyakit diabetes mellitus, seperti:
  1. Faktor keturunan. Gen orang tua yang mengidap diabetes akan di turunkan oleh orang tua kepada anakanya. Bahkan pewarisan gen ini bisa hingga cucu.
  2. Pola makan yang tidak teratur. Makan yang berlebihan dapat memicu hadirnya penyakit diabetes mellitus karena kadar kalori yang di terima oleh tubuh melebihi batas yang di butuhkan oleh tubuh sehingga penumpukan kalori akan semakin mudah memicu timbulnya diabetes mellitus.
  3. Obesitas atau kegemukan. Orang yang memiliki berat badan yang sangat tidak ideal cenderung lebih mudah terkena diabetes mellitus, sebagai perbandingan dari sepuluh orang yang memiliki berat badan berlabih ada sembilan orang yang beresiko terjangkit diabetes mellitus.
  4. Infeksi pankreas. Infeksi pada pankreas dapat menyebabkan luka pada pankreas dan berakibat radang pankreas yang secara tidak langsung akan menyebabkan turunnya fungsi dan kerja pankreas sehingga tidak ada sekresi hormon untuk proses metabolisme pada tubuh termasuk insulin.
  5. Obat-obatan. Pankreas bisa mengalami iritasi yang berakibat radang pankreas yang di akibatkan oleh bahan kimia dari obat-obatan. Peradangan pada pankreas dapat mengakibatkan turunnya fungsi dan kerja pankreas sehingga tidak ada sekresi hormon untuk proses metabolisme pada tubuh termasuk insulin.
  6. Pola hidup. Pola hidup yang tidak teratur dapat memicu timbulnya penyakit diabetes mellitus. Seperti kurang berolahraga dapat menumpuk kalori dalam tubuh dimana tidak ada pembakaran kalori berlabih. Kalori yang tertimbun di dalam tubuh menjadi pemicu diabetes mellitus.
Penderita diabetes mellitus pada umumnya terlihat lemas, lemah dan tubuhnya tidak bugar. Gejala yang dirasakan oleh penderita diabetes mellitus adalah:
  • Banyak kencing terutama pada malam hari.
  • Banyak makan tapi masih saja merasa lapar.
  • banyak minum dan masih saja terasa haus.
  • Lelah dan mengantuk.
  • Pandangan kabur.
  • Sering pusing dan merasa mual.
  • Berat badan menurun drastis.
  • Sering merasa kesemutan dan gatal pada kaki atau pun tangan.
Pada penderita diabetes mellitus hal yang harus dan lebih penting untuk di perhatikan adalah pada makanan, oleh karena itu makanan yang di konsumsi harus dapat mengurangi atau tidak memperparah penyakit diabetes mellitus, berikut adalah daftar makanan yang baik untuk penderita diabetes mellitus, antara lain:
  1. Sayur-sayuran. Semua sayuran mengandung serat dan rendah kalori.
  2. Buah-buahan. Banyak buah-buahan mengandung serat dan rendah kalori di banding makanan yang lain.
  3. Biji-bijian. Kacang-kacangan dapat di jadikan sebagai sumber serat karena kacang-kacangan mengandung serat yang tinggi dan dapat membantu kadar gula darah tetap pada keaadan normal.
  4. Sereal. Serat yang di kandung oleh sereal sangatlah tinggi sehingga baik untuk penderita diabetes millitus dan baik untuk kesehatan jantung.
  5. Ikan. Ikan adalah sumber protein dan banyak mengandung asam lemak omega-3.
  6. Olive oil. Olive oil sangat baik untuk jantung. Lemak yang terkandung dalam olive oil dapat mengurangi resiko penyakit jantung dan dapat membantu menormalkan kadar gula dalam darah.
  7. Yoghurt. Yoghurt kaya akan kalsiun dan protein. Selain dapat menjaga berat badan yogurt juga dapat menyeimbangkan kadar insulin dalam darah.

Sumber: Dari berbagai sumber.
    ◄ Newer Post Older Post ►