Senin, 28 Februari 2011

Ikan Permate (Ilisha elongata)

Ilisha elongata atau nama daerahnya ikan permate termasuk klas Actinopterygii, ordo Clupeiformes, familia Pristigasteridae, dengan nama umum Pristigasterids. Ikan ini memiliki ciri-ciri: sirip duburnya panjang (43–45 jari-jari), awal sirip dubur sedikit di belakang sirip pangkal sirip punggung, rahang bawah meruncing,  lebar badan 27–31% dari panjang standar (Weber and Beaufort, 1913; Kottelat, et al., 1993). Panjang tubuh maksimal yang tercatat adalah 60 cm.
Ikan ini merupakan pemakan binatang air yang ukurannya kecil. Sering hidup di lapisan permukaan perairan.  Pada umumnya hidup di perairan pantai atau muara sungai, dan perairan payau. Ikan permate terdistribusi di Indo-Pacific: Samudra Hindia  (Pantai Kuwait), Laut Jawa (Singapore), Laut Cina Selatan (Canton hingga ke utara Korea dan Jepang bagian selatan, juga di Pantai Peter perairan Soviet). Sedangkan di DAS Musi,  ikan ini tersebar di daerah Sungsang dan sekitarnya, dan jarang ditemukan sampai  masuk jauh ke sungai (Utomo, et al., 2007).
Alat tangkap yang sering digunakan untuk mendapatkan ikan ini adalah dengan alat tangkap tuguk (filteringh device), belad (seine with FAD), bagan (lift net).  Ikan Permate biasanya dikonsumsi setelah diolah menjadi ikan asin atau ikan peda (ikan yang difermentasi).  Harganya relatif murah yaitu antara Rp.8000,- hingga Rp.10.000,- per kilogramnya. 
Walaupun harganya murah ikan ini mendominansi hasil tangkapan nelayan, terutama di daerah pantai ataupun muara sungai.  Hampir tiap hari nelayan kecil di daerah Sungsang selalu mendapatkan ikan permate.

BADAN RISET KELAUTAN DAN PERIKANAN
BALAI RISET PERIKANAN PERAIRAN UMUM

Jl. Beringin 308 Mariana – Palembang 30763
Telp. (0711) 537194  Fax. (0711) 537205
Email :
brppu_palembang_dkp@yahoo.co.id
Narasumber:
Tim Peneliti BRPPU
Penulis:
Dina Muthmainnah, M.Si.
Penyunting: 
Dina Muthmainnah, M.Si. dan Nurwanti, S.Ikom.
◄ Newer Post Older Post ►