Senin, 28 Februari 2011

Leukemia

Leukemia atau yang biasa di sebut dengan kanker darah adalah penyakit ganas yang bermula dari sel-sel tulang belakang sehat yang berubah menjadi sel-sel yang tidak normal atau abnormal. Leukemia biasa di tandai dengan semakin banyaknya leukosit. Ada banyak benyebab pada leukemia, ada sebagian yang di kenali ada juga beberapa yang tidak di kenali penyebabnya.

Leukosit berparan penting bagi tubuh manusia sebagai antibodi agar tubuh manisia dapat bertahan dari berbagai bentuk infeksi. Leukemia dapat menyerang semua usia, baik dewasa maupun anak-anak. Untuk gejala leukemia sangat banyak variannya. Leukemia Akut kemunculannya bisa lebih cepat, sedangkan untuk leukemia kronis bisa memerlukan waktu yang lama hingga berbulan-bulan.

Leukemia akut dan leukemia kronis merupakan suatu bentuk keganasan yang muncul dari akibat perbanyakan klonal sel-sel pembentuk sel darah yang tidak terkontrol. Mekanisme kontrol darah yang tidak normal dapat memungkinkan tidak bekerjanya darah dengan baik akibat adanya sebuah perubahan yang terdapat pada genetik yang seharusnya berperan penting atas pengaturan dan pertubuhan sel dan diferensiasi.

Penderita leukemia sebagian besar mendapat perawatan kemoterapi karena kemoterapi dapat membunuh sel-sel yang abnormal. Namun hal itu tergantung dari jenis leukemia yang di derita. Penderita leukemia dapat melakukan kemoterapi dengan berbagai cara, seperti:
  • Melakukan suntikkan langsung melalui pembuluh darah balik atau intravena.
  • Melalui keteter atau tabung kecil yang fleksibel yang penempatannya di dalam pembuluh darah balik besar.
  • Melalui mulut.
  • Melakukan suntikan langsung ke cairan cerebrospinal.

Sumber: Dari berbagai sumber.
◄ Newer Post Older Post ►