Kamis, 24 Februari 2011

Membangun masyarakat yang sejahtera

Sulang-Salah satu misi yang diusung desa Rukem Kecamatan Sulang selama ini adalah membangun masyarakatnya sejahtera. Berkaitan dengan hal tersebut pihak desa berupaya melakukan peningkatan ekonomi bagi masyarakat melalui berbagai bidang. Sejumlah perbaikan dan pembangunan Infrastruktur fasilitas desa dibenahi. Salah satunya adalah balai desa yang telah direnovasi dengan anggaran dari hasil lelang bengkok desa sebesar 36 juta rupiah.


Kepala Desa Rukem kecamatan Sulang Masfud mengatakan, renovasi meliputi pagar depan, lantai bawah, tiang dan kenopi. Renovasi balai desa ini dimaksudkan untuk mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat.


Ditambahkannya, selain perbaikan balai desa, ada sejumlah pembangunan yang dilaksanakan pihak desa. Seperti pembangunan gedung sarana pendidikan madrasah, TK serta MCK, dengan swadaya masyarakat sekitar 60 juta rupiah. Disamping itu dalam program PNPM MD 2010, pihak desa juga melakukan pengaspalan jalan dan membangun talud jalan sepanjang 300 meter dengan dana sebesar 60 juta rupiah, dan pembangunan plengsengan jalan dana aspirasi dewan sebesar Rp. 50 juta sepanjang 60 meter,


Dijelaskan Mahfud, Dibidang ekonomi, pihak desa selama ini selalu mengupayakan bantuan pinjaman dari program kredit usaha rakyat untuk petani gula tumbu. Kemudian pengembangan kegiatan simpan pinjam perempuan dari Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan ( PNPM MD ).


Menurut Masfud, berbagai upaya yang dilakukan oleh desa ini setidaknya dapat benar benar bermanfaat bagi masyarakat. Untuk itu pihaknya mendorong adanya peran aktif dari masyarakat dalam mendukung program desa.

◄ Newer Post Older Post ►