Senin, 21 Februari 2011

Menjaga Lambung Tetap Sehat

Lambung atau ventrikulus adalah sebuah kantong yang berada di bawah sekat rongga badan. Secara umum lambung adalah sebuah tempat dimana makan di cerna dan tempat sari makanan di serap. Lambung memiliki peranan yang sangat vital dalam pencernaan makanan yang mana hasil dari pencernaan tersebut akan di teruskan ke proses selanjutnya. Lambung terdiri dari tiga bagian, yaitu:
  1. Kardia. Lambung bagian atas dimana bagian atau tempat masuknya makanan dari kerongkongan itu sendiri.
  2. Fundus. Lambung bagian tengah yang bentuknya membulat.
  3. Pilorus. Lambung bagian bawah bagian atau daerah yang langsung berhubungan dengan usus 12 jari (duodelum).
Dalam lambung terdapat empat lapisan yang mendukung proses pencernaan dalam lambung. Empat lapisan tersebut adalah:
  1. Mucosa. Sebuah lapisan dimana tempat sel-sel mengeluarkan berbagai macam jenis cairan, seperti enzim, hormon dan asam lambung. Lapisan tersebut berbentuk seperti sebuah palung untuk memperbesar perbandingan antara isi dan luas sehingga dapat memperbanyak isi getah lambung yang dapat dikeluarkan.
  2. Submucosa. Sebuah lapisan dimana pembuluh darah seperti arteri dan vena bisa ditemukan untuk meneruskan nutrisi dan oksigen ke sel-sel perut untuk membawa nutrisi yang diserap, karbon dioksida dan urea dari sel tersebut. 
  3. Muscularis. Sebuah lapisan otot yang biasa membantu perut dalam pencernaan mekanis. Lapisan ini terbagi menjadi 3 lapisan otot, yaitu otot memanjang, otot melingkar dan otot menyerong.
  4. Serosa. Sebual lapisan yang berfungsi sebagai lapisan pelindung perut. Sel yang ada di lapisan ini akan mengeluarkan sejenis cairan untuk meminimalkan gaya gesekan yang terjadi antara perut dengan anggota tubuh lainnya
Lambung tidak akan selamanya sehat, dalam beberapa waktu lambung akan mengalami cidera atau sakit. Berikut penyakit yang berhubungan dengan penyakit lambung, di antaranya:
  • Maag. Merupakan gejala penyakit yang akan menyerang lambung karena lambung mengalami luka atau peradangan yang dapat menyebabkan sakit perih pada perut dan merasa mulas.
  • Kolik. Rasa nyeri yang terjadi pada lambung yang di akibatkan karena salah mencerna makanan yang akhirnya lambung tidak bersahabat, seperti banyak manyak mengkonsumsi cabe atau alkhohol.
  • Tukak lambung. Penyakit ini terjadi apabila dinding lambung mengalami kerusakan yang diakibatkan mukus yang menyelimuti lambung rusak. Enzim yang dihasilkan di dalam mukus akan memakan bagian-bagian kecil  yang ada pada lapisan permukaan lambung.
Banyak cara dalam mengobati penyakit lambung, dari pengobatan medis hingga pengobatan herbal. Pengobatan tersebut dapat di lakukan asalkan pemakaiannya tidak berlebihan. Ada pun yang harus di perhatikan oleh penderita panyakit lambung, seperti:
  1. Banyak minum air putih setidaknya tiga gelas sehari atau delapan gelas perhari.
  2. Pola makan yang sehat agar asupan nutrisi yang di hasilkan banyak mengandung gizi dan sehat agas sistem pencernaan bekerja sebagaimana mestinya.
  3. Hindari makanan dan minuman yang dapat mengakibatkan lambung terangsang seperti makanan pedas, alkhohol dan minuman soda.
  4. Kurangi mengkonsumsi makanan gorengan.
  5. Jangan biasakan setelah makan terus tidur, beri sedikit jeda waktu pada lambung untuk memproses makanan. Setidaknya 1jam hingga 3jam.

Sumber: Dari berbagai sumber.
◄ Newer Post Older Post ►