Senin, 21 Februari 2011

Perencanaan Bisnis Secara Matang

Perencanaan bisnis secara matang mutlak dilakukan oleh seorang yang akan buka usaha. Perencanaan usaha ini dilakukan untuk mengetahui dengan jelas apa yang dibutuhkan, proses apa yang diperlukan untuk membangun usaha sukses dan tujuan apa yang ingin dicapai dalam menjalankan usaha.


Beberapa metode perencanaan dapat anda terapkan seperti metode check list yaitu anda membuat daftar apa saja yang diperlukan sehingga dalam pelaksanaannya setiap point yang telah terpenuhi bisa di checklist menandakan bahwa point tersebut telah berhasil dikerjakan.

Tahap awal tentukan arah usaha anda, apa yang ingin anda capai dari usaha ini? Model bisnis apa yang bisa dipakai? Area mana yang akan difokuskan sebagai pasar? Produk seperti apa yang akan anda jual? Pada tahap pertama ini tentukan secara garis besar apa yang anda ingin capai dan tentukan model usaha secara global. Tahap ini sangat menentukan pada tahap berikutnya karena dengan penentuan yang salah akan melahirkan ide-ide yang salah juga pada tahap berikutnya.

Tahap kedua mencari sumber daya yang bisa mewujudkan apa yang telah ditetapkan pada tahap pertama. Darimana di dapatkan kucuran dananya? bagaimana mendapatkan bahan baku? Bagaimana mendapatkan pekerja yang handal? Tentukan cara mendapatkan semua yang anda butuhkan dari mulai bahan baku sampai kebutuhan di dalam pemasaran.

Tahap ketiga adalah seputar pengontrolan atau audit, bagi anda yang menjalankan usaha berkelas ukm maka pengontrolan ini cukup dilakukan oleh anda sendiri beda halnya dengan bisnis yang multinasional yang memerlukan audit dari badan external lain. Pengontrolan ini meliputi masalah keuangan, bahan baku, prestasi karyawan, pemasaran, sistem produksi dan sebagainya. Anda bisa lakukan pengontrolan dalam beberapa periode misalnya mingguan, bulanan, catur wulan ataupun tahunan. Hal ini tergantung dari model bisnis dan skala bisnis yang dilakukan. Anda harus pastikan setiap proses dalam bisnis berjalan sesuai dengan apa yang telah ditetapkan pada tahap pertama yaitu seusia dengan tujuan dan target perusahaan.
◄ Newer Post Older Post ►