Jumat, 25 Februari 2011

SEKDA BUKA SOSIALISASI TEKNIS PENYUSUNAN PRA RKA TAHUN 2012

Selasa (24/2) bertempat di Aula Rakat Mupakat Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Sekretaris Daerah HSS Drs.H.Achmad Fikry,M.AP membuka secara resmi sosialisasi teknis untuk penyusunan pra Rencana Kerja Anggaran (RKA) tahun 2012.

Kegiatan tersebut merupakan kegitan rutin yang di laksanakan setiap tahun dalam rangka menandai di mulainya anggaran di Kab HSS yang bertujuan untuk menunjang upaya pencapaian target sebagaimana RPJMD di HSS.

Hadir dalam acara tersebut, Sekretaris Daerah Drs.H.Achmad Fikry,M.AP, para Kasubag Perencanaan dan staf perencanaan semua SKPD yang ada di HSS. Sekretaris Daerah Drs.H.Achmad Fikry,M.AP selaku Ketua Tim Anggaran menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Kasubbag perencanaan yang beberapa tahun ini terus memberikan kinerja yang baik dan memberikan kontribusi tercapainya APBD HSS yang tepat waktu. Dalam arahannya menyatakan bahwa sesuatu yang di rencanakan ada awal dan juga ada akhir. Beliau mengatakan bahwa dalam perencanaan di tahun 2012 perlu melihat dulu apakah kegiatan yang akan dirancang di tahun 2012 sudah di lakuan di tahun-tahun sebelumnya dan apakah perlu di lanjutkan atau tidak sehingga dana tersebut tidak perlu muncul di tahun 2012. Dan dalam menyusun perencanaan sangat di tentukan oleh kemampuan anggaran.

Kemudian, Sekretaris Daerah mengutarakan bahwa seorang perencana wajib hukumnya mengetahui skala prioritas di SKPD apakah kegiatan tersebut lanjutan ataupun kegiatan yang baru dan sebagainya, sehingga tidak terjebak dengan kegiatan yang rutinitas yang tidak tau apakah kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang bermanfaat ataupun kegiatan yang tidak bermanfaat. Dan pada tahun 2012 mendatang harus melanjutkan program ampih miskin dan juga mendapat skala prioritas. Dalam penyusunan RKA nantinya, akan berhadapan dengan mitra kerja yang mempunyai kepentingan dan konsekuen yang harus mereka harus dipertahankan. Dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah mengingatkan bahwa anggaran yang disusun merupakan anggaran yang berbasis kinerja atau target yang di capai harus jelas dan juga anggaran kinerja harus mengedepankan efesiensi dan efektivitas.

Kemudian, Beliau menekankan kepada SKPD yang mempunyai UPT agar dapat memperhatikan UPT nya seperti kebutuhannya yang perlu di hendel dan di fasilitasi. Dalam menyusun anggaran harus melihat hasilnya dan nantinya dokumen 2012 sangat tergantung dengan rencana kerja Pemda atau Renja SKPD 2012 yang merupakan hasil musrenbang kecamatan yang sedang berjalan dan akan masuk musrenbang kabupaten. Diakhir sambutannya Sekretaris Daerah berharap perencanaan APBD di tahun 2012 lebih baik lagi yang tepat waktu dan semakin berkualitas. (siska_hms)

◄ Newer Post Older Post ►