Selasa, 22 Februari 2011

Seorang Balita Di Indramayu Diduga Keracunan Susu Formula

INDRAMAYU – Seorang balita di Indramayu diduga mengalami keracunan usai meminum susu formula. Balita bernama Arjuna (1,5 tahun), warga Perumahan BTN Margalaksana, Jalan Merapi, Kecamatan Indramayu itu harus dilarikan ke RS Permata Medical Centre (PMC) karena mengalami muntah dan diare, sesaat setelah meminum susu formula dari sebuah merk yang terkenal.

Ibu kandung Arjuna, FJ (23), mengungkapkan, peristiwa itu bermula ketika dirinya membeli susu formula dari sebuah toserba di Kecamatan Indramayu. Sejak anaknya berumur satu tahun, FJ memang biasa memberikan susu formula sebagai penambah gizi bagi anaknya.

Susu formula bubuk yang dibelinya itu memiliki kemasan 900 gram dan terdiri dari dua bungkus dalam satu kotak. Untuk bungkus susu yang pertama, menurut FJ, tidak ada reaksi negatif apapun yang dialami anaknya tersebut. Namun saat memberikan susu yang ada dalam bungkus kedua, tiba-tiba anaknya mengalami diare dan muntah. FJ mencatat, anaknya itu mengalami diare sebanyak 15 kali dan muntah 20 kali, sejak pukul 08.00 WIB sampai 19.00 WIB.

FJ mengungkapkan, di rumah sakit PMC, anaknya ditangani secara intensif oleh dokter dan diharuskan menjalani sejumlah pemeriksaan. Berdasarkan hasil pemeriksaan darah, anaknya itu terbukti 75 persen terserang bakteri.

Dokter spesialis anak di RS PMC yang menangani Arjuna, Dr Zulmansyah, saat dikonfirmasi, membenarkan bahwa kondisi yang dialami Arjuna itu disebabkan oleh bakteri. Namun, Dr Zulmansyah belum mengetahui secara pasti jenis bakteri maupun sumbernya. (republika)

◄ Newer Post Older Post ►