Kamis, 24 Februari 2011

Stok pangan dunia menipis, Indonesia masih aman

Stok pangan dunia menipis, Indonesia masih aman


JAKARTA, kabarbisnis.com:

Stok pangan di pasar internasional (dunia) akan semakin berkurang dan menipis karena negara-negara produsen telah mengambil langkah untuk tidak lagi mengekspor demi untuk mengamankan stok pangan di negaranya sendiri.

Hal ini akibat perubahan iklim, seperti bencana yang terjadi di Australia, India dan Banglades. Negara-negara itu mengalami penurunan produksi pangannya.

Kedepan, barang pangan yang diperdagangkan di pasar internasional semakin kecil sementara permintaan semakin tinggi. Hal ini akan mengakibatkan semakin tingginya harga pangan di pasar internasional.

Tetapi Indonesia di posisi yang tidak terlalu mengkawatirkan karena masih punya lahan yang sangat luas dan berpotensi untuk meningkatkan produksi.

"Tentunya pemanfaatan lahan sangat diperlukan untuk menunjang dalam memperkuat kemandirian pangan," ungkap Menteri Pertanian Suswono di Jakarta, Jumat (28/1/2011).

Menurut dia, ada tiga hal untuk memperkuat ketahanan pangan Indonesia. Pertama, ketersediaan pangan, kedua, bisa diakses, dan ketiga, distribusi merata kesemua daerah. Tiga hal inilah yang akan memperkuat ketahanan pangan Indonesia.

Mentan menambahkan, organisasi pangan dunia FAO sudah memberikan warning agar setiap negara diminta untuk menguatkan pangannya. Persoalan ketahanan pangan sudah menjadi isu sentral di setiap negara oleh sebab itu pada setiap pertemuan antar pemimpin dunia selalu membicarakan ketahanan pangan.

Dengan menurunnya produksi pangan di sejumlah negara produsen sehingga mereka mengambil kebijakan tidak mengekspor maka ke depan barang pangan dipasar dunia akan berkurang sementara permintaan semakin meningkat sehingga mengakibatkan menaiknya harga pangan dunia. Hal ini akan berakibat buruk bagi negara yang hasil pangannya dari impor.

Indonesia sendiri akan memanfaatkan lahan secara maksimal guna menunjang kemandirian pangan. Untuk itu ke depan pemerintah akan menambah lahan dengan membuka lahan baru seluas dua juta hektar dan akan meningkatkan produktivitas tanaman melalui pemberian benih unggul yang tahan bencana kekeringan, kebanjiran dan tahan hama. kbc9

Sumber : http://www.kabarbisnis.com/life-style/agribisnis/2817731-Stok_pangan_dunia_menipis__Indonesia_masih_aman.html

◄ Newer Post Older Post ►