Selasa, 22 Februari 2011

Tempat Hiburan Rentan Beredar Narkoba

Badan Narkotika Propinsi (BNP) Jawa Timur kemarin melakukannsosialisasi penanggulangan bahaya narkoba di kalangan pelajar di Lamongan. Sosialisasi yang digelar bersama dan Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Lamongan tersebut dilaksanakan di SMAN 1 Lamongan.
Ketua BNK Lamongan yang juga wakil bupati setempat, Amar Saifudin mengingatkan sejumlah faktor-faktor pendukung penyebaran narkoba yang harus diwaspadai. Seperti tempat hiburan, warung-warung tempat berkumpulnya anak-anak muda. “Lingkungan kita sendiri terkadang bisa luput dari pengamatan, “ ujarnya. Dianb berpesan bahwa pemahaman terhadap bahaya narkoba sangat penting diterapkan di lembaga pendidikan. Sehingga anak didik tidak sampai terjerumus dan dapat meningkatkan prestasi belajarnya secara maksimal tanpa pengaruh dan bersentuhan dengan barang terlarang tersebut.
Terkait bahaya narkoba, dia berharap semua pihak mulai dari orang tua, sekolah hingga pelajarnya sendiri untuk terus menerus meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya narkoba, terutama pada generasi muda di Kabupaten Lamongan. “Kewaspadaan terhadap penyebaran narkoba ini harus melibatkan segenap partisipasi masyarakat,” tandasnya.
Sementara itu, Cahyo Widodo dari BNP Jawa Timur mengatakan, untuk mengantisipasi dan menanggulangi bahaya narkoba terutama pada anak didik, maka di sekolah harus digiatkan peningkatan program ekstra kurikuler untuk melindungi anak didik dari bahaya narkoba. Menurutnya, program ekstra kurikuler sangat bermanfaat bagi peningkatan prestasi siswa. “Jika kegiatan itu ditunjang dengan sosialisasi bahaya narkoba secara berkelanjutan, diharapkan pada anak didik dengan sendirinya akan tertanam kesadaran terhadap dampak buruk narkoba yang bisa merusak masa depannya, “ kata dia.
Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan mengadakan sidak ke dalam kelas. Ketua BNK Lamongan dan BNP Jatim kemudian memeriksa isi tas masing-masing siswa. Dalam penggeledahan itu tidak ditemukan satupun barang terlarang yang dibawa oleh para siswa.
◄ Newer Post Older Post ►