Rabu, 23 Februari 2011

Terapkan pola pohon mangga berbuah di luar musim

Kragan-Menyikapi panen mangga pada tahun ini yang kurang berhasil, karena disebabkan kondisi cuaca yang kurang baik, Balai Penyuluh Pertanian ( BPP) kecamatan Kragan akan menerapkan kembali pola pohon mangga berbuah diluar musim. Upaya tesebut dimaksudkan untuk mengurangi keresahan petani yang kurang berhasil dalam panen mangga tahun ini.


Koordinator PPL Kecamatan Kragan Dede Iskandar menyebutkan, program tersebut sudah diujicobakan melalui 50 demplot dan hasilnya cukup mengembirakan. Dari 50 pohon mangga jenis Gadung yang di uji cobakan hasilnya cukup memuaskan.


Ia menjelaskan, pembuatan pola mangga berbuah di luar musim, sebenarnya sangat mudah yakni dengan cara menggunakan perangsang sesuai dengan takaran yang sudah di tentukan, cuaca yang mendukung, pemupukan berimbang, dan ketekunan petani mangga dalam memelihara pohon mangga saat akan berbuah.


Dede Iskandar menambahkan, Populasi pohon mangga di kecamatan Kragan pada saat ini mencapai 125 ribu pohon yang tersebar di 27 desa. Bila pola pohon mangga berbuah di luar musim bisa di terapkan secara maksimal, maka petani mangga yang ada di 27 desa di Kecamatan Kragan akan menuai hasil panen yang cukup menjanjikan.

◄ Newer Post Older Post ►