Senin, 21 Maret 2011

Bantuan Pengembangan Desa Wisata

Rembang-Dua desa di kecamatan Lasem, Babagan dan Bonang, tahun ini mendapat kucuran dana Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Pariwisata. Kedua desa tersebut selama ini diketahui memliki potensi besar sebagai daerah tujuan wisata.


Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Dinbudparpora) Kabupaten Rembang, Noor Efendi menerangkan, kucuran dana masing-masing Rp 65 Juta diberikan setelah Dirjen Pengembangan Destinasi Wisata, Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, melakukan penilaian atas potensi dua desa tersebut akhir tahun lalu.


Menurutnya, desa Babagan dan Bonang memiliki spesifikasi khusus sebagai daerah tujuan wisata religi. Di Bonang wisata religi berupa pasujudan Sunan Bonang, sedangkan Babagan terdapat salah satu kelenteng tua di Kabupaten Rembang yakni Kelenteng Gie Yong Bio.


Noor Efendi menambahkan, anggaran yang dikucurkan bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk mewujudkan program pilot project pengembangan desa wisata di Kabupaten Rembang, melalui penguatan dan pelatihan warga dalam kelompok sadar wisata (Pokdarwis). Kucuran dana PNPM Mandiri Pariwisata akan terus berlanjut di tahun-tahun mendatang. Tidak menutup kemungkinan jika memang program di kedua desa tersebut dinilai berhasil, anggaran yang dialokasikan tahun depan bisa lebih besar lagi.

◄ Newer Post Older Post ►