Rabu, 23 Maret 2011

Camat Diminta Menuntaskan Permasalahan PNPM

Rembang-Terkait pemasalahan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) di Kecamatan Sale, Sekda Rembang Hamzah Fatoni telah memanggil Camat Sale Sunarto untuk mengklarifikasi serta mengusut tuntas permasalahan tersebut. Sekda meminta kepada semua pihak untuk dapat menahan diri serta bekerja secara normal tidak saling mencurigai satu sama lain.


Ditegaskan, PNPM direncanakan, dilaksanakan dan dilestarikan oleh masyarakat. Semua pelaku PNPM Mandiri adalah masyarakat melalui Musyawarah Antar Desa (MAD) dan semua harus mengikuti mekanisme yang ada, sesuai ketentuan petunjuk teknis operasional (PTO), dan mekanisme tersebut sudah dilakukan dalam semua pelaksanaan kegiatan PNPM di Kabupaten Rembang.


Sekda menambahkan selama ini manfaat PNPM telah banyak dirasakan masyarakat. PNPM Mandiri adalah program nasional penanggulangan kemiskinan terutama yang berbasis pemberdayaan masyarakat, bertujuan untuk meningkatnya kesejahteraan dan kesempatan kerja masyarakat miskin secara mandiri.


Lebih lanjut dikatakan, di Kabupaten Rembang, PNPM Mandiri dapat dilihat baik kegiatan fisik maupun non-fisik. Kegiatan tersebut meliputi kegiatan di bidang pendidikan, kesehatan, pembangunan sarana dan prasarana. Untuk prasarana berupa pelatihan-pelatihan seperti pelatihan membatik. Untuk pembangunan sarana seperti pembuatan jalan,talud atau pasar desa.


Selain itu menurutnya kegiatan PNPM Mandiri juga membuat masyarakat menjadi aktif dalam pembangunan seperti rapat-rapat perencanaan PNPM yang dilakukan oleh masyarakat sendiri. Oleh karena itu sekda meminta kepada camat Sale untuk segera menuntaskan permasalahan PNPM di Kecamatan Sale sesuai ketentuan.


◄ Newer Post Older Post ►