Minggu, 13 Maret 2011

Cara Memberi Obat Pada Bayi

Memberi obat pada bayi memang buat sebagian orang adalah hal yang sulit bahkan menyebalkan.


Karena bayi belum disuruh duduk manis dan minum obatnya, tapi bayi ketika diminumkan obat maka dia akan memuntahkannya dengan segera. Bahkan dia akan meronta dan menangis dengan keras. Sepertinya ibu kewalahan dengan bayinya sendiri yang tidak mau dimunumkan obat ke mulutnya.

Ada beberapa tips aman dan efektif untuk memberi obat pada bayi yang akan membantu anda menangani masalah ini. Tips yang dapat anda praktekan tersebut diantaranya Gendonglah si bayi dan jadikan dia nyaman dalam gendongan. Untuk posisi harus dalam kondisi duduk untuk memudahkan obat masuk saluran makanan.

Bila posisi bayi dalam gendongan tidur atau rebah maka dikhawatirkan obat tidak masuk ke saluran makanan. Akibatnya bayi akan tersedak dan membuatnya sulit bernafas bahkan yang lebih parah terjadinya peradangan saluran pernafasan.

Bisa juga dengan cara meminta pertolongan orang lain, seperti suami atau pengasuh untuk membantu Anda. Kalau Anda sering sendirian, tidak ada yang membantu, "bungkus" bayi anda dengan selimut untuk mencegahnya bergerak. kemudian pada awalnya letakkan sedikit obat di mulutnya agar ia terbiasa. Jika bayi mencoba mengeluarkan obatnya, minta tolong orang lain untuk menahan mulutnya tetap terbuka dan segera masukkan kembali obatnya, lalu tutup mulutnya beberapa detik sampai kira-kira obat
◄ Newer Post Older Post ►