Selasa, 15 Maret 2011

COLUMNAR JOINT

Inilah bentuk akumulasi lava beku produk erupsi dari tipe (letusan) Sint Vincent dari salah satu gunung api teraktif di Indonesia, gunung Kelut. Magma yang cair kental bersifat intermedier ini dikeluarkan dari dapur magma yang dangkal dan dengan tekanan gas yang rendah hingga sedang menghasilkan batuan beku luar berbentuk dinding berkolom-kolom/balok. Hal itu pulalah maka gunung Kelut merupakan salah satu gunung api strato yang tidak berbentuk kerucut sempurna.

Foto ini dibuat oleh Drs. Suhandoko, guru SMA Negeri 1 Sumberpucung ketika berkunjung ke gunung Kelut pada Nopember 2009 lalu dalam rangka Musyawarah Guru Matapelajaran (MGMP) Geografi SMA Kabupaten Malang pada kegiatan MGMP lapangan.

Sajian ringkas ini dapat digunakan sebagai pelengkap dalam pembelajaran Geografi untuk siswa SMA/MA kelas X (Sepuluh) semester 2 dengan Standar Kompetensi: 3. Menganalisis unsur-unsur geosfer, Kompetensi Dasar: 3.1 Menganalisis dinamika dan kecenderungan perubahan lithosfer dan pedosfer serta dampaknya terhadap kehidupan di muka Bumi. Adapun materi pembelajaran yang dimaksud adalah: Lithosfer dengan submateri: Tenaga endogen--Vulkanisme yang juga berkaitan dengan struktur lapisan kulit Bumi--batuan beku.
◄ Newer Post Older Post ►