Senin, 14 Maret 2011

FITOPLANKTON


Fitoplankton adalah komponen autotrophic dari masyarakat plankton. Nama berasal dari bahasa Yunani kata (phyton), yang berarti " tanaman ", dan (planktos), yang berarti" pengembara "atau" gelandangan ". Sebagian besar fitoplankton terlalu kecil untuk secara individual dilihat dengan mata telanjang . Namun, ketika hadir dalam jumlah cukup tinggi, mereka mungkin muncul sebagai warna hijau dari air karena keberadaan klorofil dalam sel mereka (walaupun warna sebenarnya dapat bervariasi dengan jenis fitoplankton hadir karena berbagai tingkat klorofil atau kehadiran pigmen aksesori seperti phycobiliproteins , xanthopil , dll).


Ekologi

Ketika dua arus (dalam hal ini arus Oyashio dan Kuroshio ) bertabrakan, mereka menciptakan pusaran . Fitoplankton menjadi terkonsentrasi di sepanjang batas-batas pusaran ini, menelusuri dari gerakan air.
Fitoplankton memperoleh energi melalui proses dari fotosintesis dan karena hidup di permukaan laut yang terang karena terkena sinar matahari (disebut sebagai zona euphotic ), laut , danau , atau badan air lainnya. Fitoplankton separuh aktivitas fotosintesis di bumi. Jadi fitoplankton bertanggung jawab atas keberadaan oksigen dalam atmosfer bumi - dari jumlah total produksi oleh semua tanaman. Setengah hidup secara kumulatif fitoplankton merupakan fiksasi energi dalam senyawa karbon ( produksi primer ) adalah dasar bagi sebagian besar samudera dan juga kebanyakan jaring makanan air tawar ( kemosintesis adalah pengecualian). Sejak abad ke-20, fitoplankton telah menurun sekitar 1% per tahun, mungkin terkait dengan suhu pemanasan samudera - tahun 2010. Sebagai catatan, salah satu rantai makanan di laut - yang luar biasa sejumlah kecil link - adalah bahwa krill (sejenis udang) makan fitoplankton, dan krill merupakan makanan ikan paus Balin .


Fitoplankton juga krusial karena tergantung pada mineral . Terutama macronutrients seperti nitrat , fosfat atau asam silikat , yang ketersediaannya diatur oleh keseimbangan antara apa yang disebut pompa biologis dan upwelling yang mendalam, perairan yang kaya gizi. . Namun, di seluruh kawasan besar dari Samudra Dunia seperti Samudera Selatan , fitoplankton juga dibatasi oleh kurangnya mikronutrien besi . Hal ini menyebabkan beberapa ilmuwan menganjurkan pemupukan besi sebagai alat untuk melawan akumulasi hasil karbon dioksida-manusia (CO 2) di atmosfer . Dalam eksperimen skala besar, telah ditambahkan besi (biasanya mineral seperti besi sulfat ) untuk lautan untuk meningkatkan pertumbuhan fitoplankton dan membentuk atmosfer CO 2 ke dalam laut. Namun, kontroversi tentang memanipulasi ekosistem dan efisiensi pemupukan besi telah melambatkan eksperimen tersebut.


Sementara hampir semua spesies fitoplankton yang photoautotrophs , ada beberapa yang mixotrophic non-pigmen dan lainnya, spesies yang benar-benar heterotrofik (yang terakhir ini sering disebut sebagai zooplankton ). Dari jumlah tersebut, yang paling terkenal adalah genera dinoflagellata seperti noctiluca dan Dinophysis , yang memperoleh karbon organik karena menelan organisme lain atau material detrital.
Istilah fitoplankton mencakup semua mikroorganisme photoautotrophic dalam jaring makanan air. Fitoplankton berfungsi sebagai dasar dari jaring makanan akuatik, memberikan fungsi ekologis penting bagi semua kehidupan air. Namun, tidak seperti masyarakat terestrial , di mana sebagian besar tanaman autotroph, fitoplankton adalah kelompok beragam, menggabungkan protistan eukariota dan kedua eubacterial dan archaebacterial prokariota . Ada sekitar 5.000 spesies yang dikenal dari fitoplankton laut. Ada ketidakpastian dalam bagaimana keanekaragaman tersebut telah berkembang dalam lingkungan di mana kompetisi hanya untuk beberapa sumber daya yang terbatas akan potensial menyarankan diferensiasi niche .
Dari segi angka, kelompok yang paling penting fitoplankton termasuk diatom , cyanobacteria dan dinoflagellata , meskipun banyak kelompok lain ganggang yang diwakili. Satu kelompok, coccolithophorids , bertanggung jawab (sebagian) untuk membebaskan sejumlah besar dimetil sulfida (DMS) ke dalam atmosfer . DMS diubah menjadi sulfat dan molekul-molekul sulfat bertindak sebagai inti kondensasi awan , meningkatkan awan umum penutup. Dalam oligotrophic daerah samudera seperti Laut Sargasso atau pilin Pasifik Selatan , fitoplankton didominasi oleh sel-sel berukuran kecil, yang disebut picoplankton , sebagian besar terdiri dari cyanobacteria ( Prochlorococcus , Synechococcus ) dan picoeucaryotes seperti Micromonas .




Budidaya
Fitoplankton adalah item makanan kunci dalam kedua akuakultur dan budidaya . Kedua memanfaatkan fitoplankton sebagai makanan untuk hewan budidaya. Dalam budidaya, fitoplankton adalah alami dan dimasukkan ke dalam kandang dengan sirkulasi normal air laut. Dalam akuakultur, fitoplankton harus diperoleh dan diperkenalkan secara langsung. plankton yang bisa dikumpulkan dari badan air atau budidaya, meskipun dengan metode sebelumnya jarang digunakan. Fitoplankton digunakan sebagai foodstock untuk produksi rotifera , yang pada gilirannya digunakan untuk memberi makan organisme lain. Fitoplankton juga digunakan untuk memberi makan banyak jenis akuakultur moluska , termasuk mutiara tiram dan kima raksasa .
Fitoplankton dibudidayakan untuk berbagai tujuan, termasuk foodstock untuk organisme akuakultur lain , suplemen gizi untuk captive invertebrata dalam akuarium . ukuran budidaya berkisar dari skala kecil laboratorium budaya kurang yang dari 1L, sedangkan beberapa puluh ribu liter untuk budidaya komersial. Terlepas dari ukuran budaya, kondisi tertentu harus disediakan untuk pertumbuhan plankton. Mayoritas budidaya plankton adalah laut, dan air laut dari berat jenis dari 1,010-1,026 dapat digunakan sebagai media kultur. Air ini harus disterilkan , biasanya baik dengan suhu tinggi dalam autoclave atau dengan paparan radiasi ultraviolet , untuk mencegah budaya kontaminasi biologis. Berbagai pupuk ditambahkan ke budidaya media untuk memfasilitasi pertumbuhan plankton. Budidaya A harus aerasi atau tidak tetap dalam beberapa cara untuk menjaga plankton ditunda, serta memberikan larutan karbon dioksida untuk fotosintesis . Selain aerasi konstan, budidaya sebagian besar dilakukan secara manual dengan cara dicampur atau diaduk secara teratur. Cahaya harus disediakan untuk pertumbuhan fitoplankton. Para suhu warna pencahayaan harus sekitar 6.500 K, tetapi nilai-nilai dari 4.000 K ke atas dari 20.000 K telah digunakan dengan sukses. Durasi pemaparan cahaya harus sekitar 16 jam sehari, ini adalah hari buatan yang panjang yang paling efisien

Keterangan :
Zona Euphotic.
Lapisan paling atas dunia lautan yang bermandikan sinar matahari pada siang hari. Lapisan ini laut terang disebut zona diterangi matahari atau zona euphotic (arti euphotic "terang" dalam bahasa Yunani) atau zona epipelagis (arti epipelagis "di laut"). Kedalaman zona ini tergantung pada kejelasan atau kegelapan dari air. Dalam air yang jernih, zona euphotic bisa sangat dalam; dalam air keruh, bisa hanya 50 meter. Rata-rata, itu meluas sampai sekitar 660 kaki (200 meter), kedalaman laut rata-rata sekitar 13.000 kaki atau 4.000 m. Suhu di zona ini berkisar 104-27 derajat F.

Material Detrital.
Detritus ( detrital kata sifat,) adalah istilah geologi yang digunakan untuk menggambarkan partikel batuan yang berasal dari batuan pra-ada melalui proses pelapukan dan erosi . Partikel detrital bisa terdiri dari fragmen litik (partikel batuan dikenali), atau dari fragmen monomineralic (butir mineral). Partikel-partikel ini sering diangkut melalui sedimen proses ke dalam sistem pengendapan seperti sungai, danau atau laut membentuk sedimen suksesi. diagenesis proses dapat mengubah sedimen menjadi batuan melalui sementasi dan lithification , membentuk batuan sedimen seperti batu pasir. Batuan ini kemudian dapat pada gilirannya kembali akan lapuk dan terkikis untuk membentuk generasi kedua dari sedimen.

Upwelling.
Upwelling adalah peristiwa naiknya massa air laut yang disebabkan oleh perbedaan temperatur antara lapisan permukaan air laut dan bawahnya yang lebih dingin. Umumnya zat hara berada di lapisan bawah, akibat upwelling ini zat hara naik ke permukaan laut dan diharapkan dengan adanya proses upwelling nelayan akan lebih mudah menangkap ikan di lapisan permukaan.Semakin biru warna pada peta semakin kuat aktivitas upwellingnya.




Sumber : Wikipedia.
◄ Newer Post Older Post ►