Sabtu, 19 Maret 2011

Hepatitis A

Hepatitis A adalah penyakit radang hati yang di sebabkan oleh virus yang penyebarannya antar manusia dengan manusia melalui makanan, minuman, kotoran atau tinja. Hepatitis A lebih banyak menyerang orang dewasa dari pada anak-anak, karena orang dewasa lebih sedikit mendapatkan sedikit imunitas dari pada anak-anak yang lebih banyak mendapatkan imunitas terutama dari imunisasi atau vaksin dan kekebalan turunan dari ibu.

Masa inkubasi virus ini dari 2 minggu hingga 6 minggu. Selama masa inkubasi penderita akan mengalami gejala seperti demam, influenza, lelah, letih, mual, lesu, nyeri pada perut, mata kuning bahkan hilangnya nafsu makan. Namun orang orang pernah menderita hepatitis A nantinya akan lebih kebal terhadap penyakit hepatitis A tersebut.

Sebagian besar virus hepatitis A tidak menyebabkan terjadinya penyakit kronis dan penderita dapat memperoleh kesembuhan, akan tetapi penyakit hepatitis A ini harus mendapatkan perhatian terutama bila terjadi infeksi dengan penyakit yang lain seperti hepatitis B dan hepatitis C.

Untuk menghindari infeksi virus hepatitis A seriap individu harus menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar. Bagi orang dewasa juga dapat melakukan imunisasi hepatitis A yang dapat di lakukan 2 cara yaitu sendiri atau harvix dan kombinasi dengan vaksin hepatitis B atau twinrix. Di sarankan untuk penghuni asrama agar melakukan imunisasi hepatitis A.


Sumber: Dari berbagai sumber.
◄ Newer Post Older Post ►