Rabu, 02 Maret 2011

ikan Grace Kelly



Nama Indonesia    : Grace Kelly
Nama Inggris    : Polka Dot Grouper,
Nama Latin    : Chromileptes al
Klasifikasi    : Ordo Perciformes, Familia Serranidae.
Keterangan    :




Grouper kelompok ikan air laut, bentuk badan tegap sedang sampai besar, mulut lebar, rahang khas penuh barisan gigi pendek dan gigi taring didepan. Grace kelly mempunyai variasi sangat menarik diantara ikan dari kelompok grouper. Badannya lonjong dengan bagian kepala agak runcing moncong memanjang, bentuk atas cekung. Sirip punggung ikan ini besar. Warna dasar ikan cokelat muda/pudar dengan banyak terdapat bintik-bintik bundar hitam yang bertaburan di seluruh badan dan sirip-siripnya, juga kepalanya. Grace kelly yang masih muda merupakan jenis ikan yang populer di aquarium.


Perilaku : Grace kelly  tidak seperti ikan lain dari gelompok grouper yang pemalu, ikan ini suka bergerak terus menerus mondar-mandir di tempat terbuka. Gerakannya lemah gemulai dengan gerakan meluncur dengan tenaga dorongan sebagai besar dari sirip dada yang seperti dayung. Mereka  suka  nongkrong di dasar aquarium sampai beberapa menit. Ikan ini dapat hidup bersama ikan lain, asalkan ukurannya tidak terlalu kecil.


Reproduksi : Ikan ini dihabitat aslinya dengan cara bertelur. Di aquarium perkembang biakan ikan ini tidak diketahui, malahan sekedar membedakan kelamin antara yang jantan dan betina sulit. Barangkali ikan ini tidak mencapai kematangan seksual.


Pakan : Grace kel1y merupakan jenis ikan predator, pemakan ikan dan binatang air yang berkulit keras, seperti udang, kepiting dan lain-Iain. Ikan ini lebih menyukai pakan yang masih hidup. Namun dalam keadaan terpaksa ikan ini bisa menyantap jenis makanan lain. Di aquarium Gembira Loka ikan ini diberi pakan ikan dan udang.


Habitat : Ikan Grace kelly banyak dijumpai pada danau pinggir laut, yang secara khas menghuni batu karang yang memanjang ke laut, 2 sampai lebih kurang 40 m

baca juga ikan trigger fish 
baca juga ikan slendar cicit
◄ Newer Post Older Post ►