Rabu, 02 Maret 2011

ikan kambing cincin biru



Nama Indonesia    : Kambing Cincin Biru
Nama Inggris    : Ringed emperor angelfish,
Nama Latin    : Pomacanthu
Klasifikasi    : Ordo Perciformes, Familia Chaetodontidae.
Keterangan




Kambing cincin biru (Pomacanthus annularis) mirip kepe-kepe besar, bertubuh cerah dan hidupnyapun diterumbu koral tempat kepe-kepe. Bentuk tubuhnya luas dan pipih. Perbedaannya dengan kepe-kepe terletak pada duri tiap tutup insang. Kambing cincin biru muda tidak dapat dibedakan dengan pomacanthus poculosus, warna biru tua dengan sekat-sekat vertikal biru muda. Setelah dewasa warna ikan ini kuning-coklat pudar dan dari sirip punggung sampai sudut terdapat garis-garis biru tua lima atau enam buah membujur sampai sirip dada. Di depannya (diantara) sirip dada terdapat cincin-cincin biru.


Perilaku : Kecuali pada musim kawin, hidup soliter (menyendiri). Warna-warninya yang terang tidak digunakan untuk penyamaran tetapi untuk menyatakan teritoriumnya yang dijaga dengan gigih. Bila ada warga sejenisnya memasuki daerah itu, ikan ini akan bertingkah mengancam dengan mempertunjukan warnanya. Jikalau yang melanggar daerah itu tidak juga pergi, maka terjadilah pertarungan.


Reproduksi : Ikan ini di habitat aslinya dengan cara bertelur. Perbedaan kelamin antara yang jantan dan betina sulit diketahui. Barangkali ikan ini tidak mencapai kematangan seksualnya.


Pakan : Di habitat asli ikan kambing kambing cincin biru memakan tunas-tunas, rumput-rumput, binatang air yang berkulit keras seperti udang, kepiting dan lain-lain. Ikan dewasa terutama makan yang sedikit lemaknya. Sedangkan di aquarium Gembira Loka ikan ini diberikan pakan buatan.


Habitat: Ikan ini terdapat didaerah karang-karang pantai yang memanjang ke laut sampai 30 m. Ikan dewasa sering dijumpai berpasangan di gua-gua 
baca juga ikan lumajang
baca juga ikan pangkilang

literatur http://ikanhiass.blogspot.com
◄ Newer Post Older Post ►