Senin, 14 Maret 2011

Kapolres : Poskamling diminta difungsikan kembali

Rembang-Kepala Kepolisian Resort Rembang, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Adhy Fandy Ariyanto meminta warga di lingkungan hukum kerjanya agar meningkatkan sistem keamanan lingkungan (siskamling). Keberadaan pos keamanan lingkungan (poskamling) yang sekarang ditinggalkan, diimbau kembali difungsikan sebagaimana fungsinya.


Pengaktifan kembali poskamling, sebut Kapolres, untuk meningkatkan keamanan daerah masing-masing. Dengan adanya poskamling bisa menjadi media antara pihak kepolisian dengan masyarakat dalam berkoordinasi ihwal situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) setempat. Bahkan jika poskamling berfungsi baik digunakan sebagai tempat berkumpulnya warga yang mendapat giliran menjaga keamanan wilayah setempat, aparat kepolisian bisa lebih intens berkoordinasi dan berkomunikasi tentang perkembangan situasi keamanan wilayah.


Menurutnya, masalah kamtibmas tidak hanya dilakukan pihak kepolisian saja, melainkan memerlukan keterpaduan seluruh lapisan masyarakat. Salah satunya masyarakat juga bisa menjadi polisi bagi diri dan lingkungannya, seperti mewaspadai semua aktivitas di malam hari di lingkungannya, memperhatikan dan mengantisipasi hal-hal yang bisa mengancam keselamatan warga pada umumnya.


Kapolres Rembang, AKBP Adhi Fandi Ariyanto, menambahkan, pada intinya partisipasi masyarakat yang terorganisir melalui siskamling merupakan wujud nyata kesediaan masyarakat untuk ikut serta memikul tanggungjawab kamtibmas sebagai tugas bersama. Untuk itu pihaknya meminta masyarakat kembali mengaktifkan siskamling karena merupakan salah satu upaya untuk memelihara rasa persatuan dan kesatuan menuju lingkungan yang tertib, aman, tentram dan damai.


◄ Newer Post Older Post ►