Senin, 21 Maret 2011

LMLH Genjot Penghijauan Pantai

Rembang-Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Lembaga masyarakat peduli lingkungan hidup (LMLH) Rembang, terus berupaya mengurangi erosi pantai. Baru-baru ini sebanyak 5.100 bibit tanaman bakau dan ketapang ditanam di kawasan pantai caruban desa Gedongmulyo kecamatan Lasem sepanjang 1,7 kilometer.


Kegiatan penghijauan yang melibatkan unsur TNI, Polri, anggota Pramuka dan warga setempat dilakukan guna mencegah abrasi laut sekaligus membuat asri pemandangan pantai sekitar.


Ketua LSM LMLH Rembang Miftahurrobbani menyebutkan, aksi penanaman pohon dalam rangka mereklamasi wilayah pantai setempat, dengan bibit penghijauan berasal dari bantuan Dintanhut dan hasil swadaya. Sepanjang tahun ini pihaknya menargetkan akan menanam 1 juta pohon di seluruh pesisir pantai Kabupaten Rembang.


Menurut Miftah, meski abrasi di pantai Caruban belum terlalu parah, tetapi harus diantisipasi dari sekarang. Penghijauan kawasan tersebut sangat penting untuk menjaga kelestarian lingkungannya. Terlebih lagi pantai caruban banyak dikunjungi pada waktu sore dan hari Minggu serta saat liburan.


Sementara itu Kepala Desa Gedongmulyo Budi Istanto menyebutkan, warga sangat mendukung perhatian LSM pecinta lingkungan yang bermaksud memperindah kawasan pantai caruban.


Diharapkan ke depan bila ada program serupa, sebaiknya jumlah tanaman ketapang diperbanyak dibanding tanaman bakau. Pohon ketapang sangat cocok untuk kawasan pantai, karena cepat tumbuh dan membuat teduh wilayah bibir pantai. Sejumlah warga siap secara suka rela untuk ikut mengawasi sekaligus merawat tanaman.

◄ Newer Post Older Post ►