Kamis, 03 Maret 2011

Manfaat Air Putih

Banyak orang yang tidak mengetahui manfaat dari air putih selain sebagai pelega dahaga. Untuk menjaga kesehatan manusia wajib mengkonsumsi air putih setidaknya 3 gelas hingga 2 liter perhari karena tubuh manusia 80% adalah air. Kekurangan air putih dapat mengakibatkan dehidrasi pada tubuh berujung pada kulit kering, bibir dan mulut kering. Jangan pernah meremehkan gejala ringan tersebut karena jika dalam keadaan seperti itu terjadi berkelanjutan akan dapat mengakibatkan penyakit terutama pada saluran kemih atau gangguan ginjal.

Dehidrasi biasa terjadi pada remaja dan orang dewasa, hal ini terjadi karena remaja dan orang dewasa terlalu banyak beraktifitas namun dalam mengkonsumsi air putih porsi yang di berikan sangatlah kurang. Keadaan yang seperti ini menunjukkan bahwa minimnya pengertian tentang pentingnya air putih bagi kesehatan. Banyak dari mereka hanya minum untuk kebutuhan yang di anggap seperrlunya saja.

Berikut beberapa manfaat air putih bagi kesehatan, antara lain:
  1. Untuk sistem pencernaan. Dengan banyak mengkonsumsi air putih akan mempermudah atau memperlancar sistem pencernaan sehingga dapat menjauhkan kita dari masalah pencernaan seperti sembelit dan maag.
  2. Untuk kecantikan. Air putih dapat menghindarkan kita dari masalah kulit kering, karena dengan banyak mengkonsumsi air putih kulit akan tetap lembab dan sehat.
  3. Untuk kesuburan. Mengkonsumsi air putih juga dapat memperlancar peredaran darah dalam tubuh sehingga produksi testosteron pada pria dan hormon estrogen pada wanita bisa lebih meningkat.
  4. Untuk kesehatan jantung. Jantung akan lebih stabil dalam menjalankan tugasnya sehingga dapat menjaga kesehatan jantung.
  5. Untuk menu diet. Air putih yang memiliki sifat pembersihan kotoran yang ada pada tubuh juga dapat mengurangi lemak pada tubuh, karena air tidak mengandung kalori, gula dan lemak. Ada baiknya jika di minum sebelum makan dan dalam suhu yang sedang.
Selain melalui urine air juga keluar melalui keringat. Tubuh mengeluarkan urine perhari sebanyak kurang lebih 1 liter. Kondisi tubuh akan berkurang jika tubuh mengalami dehidrasi oleh karena itu banyak-banyaklah mengkonsumsi air putih. Harus di ketahui, bahwa semakin banyak aktivitas maka semakin banyak pula air yang di butuhkan oleh tubuh.

Sumber: Dari berbagai sumber.
◄ Newer Post Older Post ►