Rabu, 16 Maret 2011

Manfaat Yogurt

Yogurt adalah makanan dari susu yang di fermentasi untuk menghasilkan bakteri asam laktat yakni bakteri baik agar kandungan gizi yogurt meningkat. Dari kerja bakteri asam lakta tersebut di hasilkan berbagai vitamin B-kompleks, di antaranya vitamin B6 (piridoksin), vitamin B3 (niasin), vitamin B2 (riboflavin), Vitamin B1 (tiamin), asam pantotenat, asam folat dan biotin. Vitamin B-kompleks tersebut dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh, ketajaman berfikir dan meningkatkan sistem reproduksi. Dengan mengkonsumsi yogurt secara berkala dapat membantu proses peremajaan sel-sel dalam tubuh.

Dengan mengkonsumsi yogurt dapat meningkatkan bakteri baik dalam proses pencarnaan, terutama pada usus halus. Dengan meningkatanya bakteri baik dalam sistem pencernaan maka bakteri jahat akan lebih mudah untuk di kurangi. Oleh karena itu dengan banyak mengkonsumsi yogurt kemungkinan besar terserang penyakit akan berkurang, seperti influenza dan diare.

Yogurt yang banyak mengandung bakteri asam laktat dapat mencegah keracunan yang di akibatkan radikal bebas. Karena radikal bebas dapat mempercepat proses penuaan dini. Selain vitamin B-kompleks yang terdapat pada yogurt yang menguntungkan, yogurt sendiri memiliki berbagai manfaat bagi penikmatnya dan manfaat itu adalah:
  • Menghambat berkembangnya kuman pantogen.
  • Menetrtalisir antibiotik.
  • Menghambat timbulnya kanker.
  • Mencegah jantung koroner.
  • Menurunkan kolesterol.
  • Mencegah diare.
Mungkin belum banyak yang mengetahui bahwasannya yogurt memiliki beberapa macam jenis tergantung dari proses pembuatannya. Berikut beberapa jenis yogurt yang di kategorikan dari proses pembuatannya, yaitu:
  1. Strained. Yogurt ini di proses dengan mengambil air didih dari susu.
  2. Set yogurt. Yogurt ini memiliki tekstur yang lembut dan dapat di tempatkan pada boks karton.
  3. Stirred. Yogurt ini di proses dengan di aduk serta di tambahkan beberapa potongan buah atau jus.
Selain memiliki jenis yang berbeda-beda yogurt juga memiliki takaran lemak yang berbeda pula. Takaran lemak pada yogurt di bagi dalam empat kategori, yaitu:
  1. Skimmed. Berati mengandung 0% lemak.
  2. Rendah lemak. Berati mengandung 1 - 3% lemak.
  3. Lemak sedang. Berati mengandung 3 - 5% lemak.
  4. Penuh lemak. Berati mengandung 5 - 10% lemak.
Untuk membeli yogurt perhatikan keterangan yang tercantum dalam kemasan, karena yogurt memiliki khasiat yang berbeda. Hanya yogurt yang mengandung bakteri asam laktat yang memiliki khasiat dan manfaat besar. Pasteurized yogurt dan frozen yogurt tidak mengandung asam laktat dan nutrisi yang sama. Apabila dalam kemasan yogurt terdapat tulisan "yogurt melon atau yogurt strowberry" berart yogurt tersebut kemungkinan di tambahkan buah melon atau strowberry namunjika dalam kemasan yogurt terdapat tulisan "yogurt rasa melon atau yogurt rasa srtowberry" berarti yogurt tersebut hanya di beri tambahan perasa melon atau strowberry saja. Yogurt dapat di simapan dalam kulkas dengan suhu 4° - 6° C, dengan keadaan tersebut yogurt akan bertahan sampai dua minggu. Dalam mengkonsumsi yogurt di sarankan jangan sampai berlebihan karena jika berlebihan dapat menyebabkan perut kembung, cukup 250ml sampai 400ml untuk tiap harinya.

Sumber: Dari berbagai sumber.
◄ Newer Post Older Post ►