Sabtu, 05 Maret 2011

Mata katarak pada anjing

Penyakit maka katarak adalah kelainan mata yang terjadi pada trah Anjing Golden Retiever. Katarak yang dimaksud disini adalah ketidak jernihan lensa mata. Paling tidak satu jenis penyakit katarak turunan ini akan muncul di usia awal pada anjing Golden Retiever yang mengidapnya, dan kondisi ini bisa menganggu penglihatan si anjing, bahkan bisa berlanjut pada kebutaan total. Selain penyakit katarak turunan, Golden Retiever juga tidak jarang menderita penyakit katarak yang bukan disebabkan oleh turunan.

Di Amerika Serikat, untuk bisa menentukan jenis katarak yang diderita oleh anjing bersumber pada faktor genetic  atau bukan, baru bisa dibuktikan lewat pengujian oleh dokter hewan spesialis mata yang diakui. Bila ada keraguan mengenai jenis katarak tersebut, maka Anjing Golden Retiever tersebut sama sekali tidak direkomendasikan untuk dibiakkan.

Beberapa keturunan Anjing Golden Retiever memiliki gen bawaan yang menyebabkan central progressive retinal atrophy (CPRA), yang menyebabkan kemunduran fungsi retina mata untuk menerima cahaya, dan dapat mengakibatkan kebutaan total pada usia muda. Selain itu, ada jenis kelainan mata yang lain, seperti retinal dysplasia, yang menjadi bahan pertimbangan bila anjing akan dibiakkan.

Kelainan-kelainan pada kelopak mata dan bulu mata, juga dapat terjadi pada trah Anjing Golden Retiever, dimana sebagian merupakan kelainan bawaan, dan sisanya disebabkan oleh faktor lain. Kelainan kelopak mata yang bisa diderita oleh trah Anjing Golden Retiever adalah entropion dan ectropion, yaitu kelainan berupa melipatnya kelopak mata kea rah dalam atau keluar. Sementara, kelainan pada bulu mata diantaranya adalah trichiasis dan distichiasis, yaitu dimana bulu mata dan bulu didekat mata menyentuh dan menyebabkan iritasi mata. Diperlukan tindakan operasi untuk memperbaiki hal tersebut. Meskipun kelihatannya hal itu adalah masalah ringan, namun anjing yang menderita penyakit tersebut tidak boleh dibiakkan.

American Kennel Club (AKC), melarang anjing yang menderita penyakit seperti disebutkan di atas untuk ikut pameran. Di Amerika Serikat, pengujian atas anjing-anjing yang dibiakkan harus dilakukan setiap tahun sampai usia paling tidak & tahun bahkan lebih, karena kelainan-kelainan turunan pada mata dapat muncul setiap waktu sepanjang usia anjing. Pengujian harus dilakukan oleh dokter spesialis mata yang diakui, yang memiliki peralatan dan mendapat pelatihan khusus untuk menguji mata anjing secara benar.
◄ Newer Post Older Post ►