Jumat, 04 Maret 2011

Mengeyam pendidikan dengan jalan kaki 8 km

Bulu-Meski letak geografis SDN 02 Pasedan Kecamatan Bulu jauh dari perkotaan dan terpencil. Serta tidak didukungnya infrastruktur jalan yang menunjang. Ternyata tidak menyurutkan semangat guru dan siswa untuk mengikuti kegiatan balajar mengajar di sekolah,


Itulah yang dialami puluhan siswa dari dukuh Ngotoko desa Pasedan untuk bisa sampai ke sekolah. Walaupuan setiap harinya menempuh perjalanan 4 hingga 8 km untuk bisa sampai ke sekolah, tidak menjadi aral melintang menyurutkan semangat anak-anak untuk menuntut ilmu. Maka tidaklah salah jika kesadaran dan kemauan para siswa ini untuk belajar ini perlu mendapatkan perhatian dari semua pihak.


Kepala Sekolah SDN 02 Pasedan Wagiman membenarkan, meski kondisi SDN 02 Pasedan ini sangat terpencil dan masuk wilayah hutan, Namun minat siswa untuk menuntut ilmu di sekolah selama ini cukup tinggi. Bahkan semangat anak anak sangat luar biasa, berangkat dari rumah pukul 05.30 dan sampai di sekolah pukul 07.00 WIB hingga 07.30 WIB. Kalaupun ada siswa yang terlambat Kondisi ini disikapi pihak sekolah dengan pertimbangan sendiri.


Menurut Wagiman, selain kesadaran siswa yang tinggi, tanggung jawab dan semangat untuk mencerdaskan anak bangsa tak mengendurkan guru untuk mengajar di sekolah didaerah terpencil. Pihak sekolah juga mengupayakan pembelajaran aktif dan efektif agar sekolah tidak ketinggalan dengan sekolah lain. Langkah ini perlu adanya dukungan dinas terkait, dan Peran aktif dari orang tua, komite sekolah maupun masyarakat.

◄ Newer Post Older Post ►