Senin, 21 Maret 2011

Mengucapkan Terima Kasih Pada Pelanggan


thank-you
Bila Anda tidak, anda tidak sendirian. Meskipun saya tidak yakin itu hal yang Anda sukai! Sebagian besar usaha lain juga tidak melakukannya. Namun, tidakkah Anda ingin berbeda dari usaha yang lain? Tentunya Anda ingin! Saya ingin memberitahu Anda bagaimana melakukannya dengan harga yang murah.

Pikirkanlah itu. Kapan terakhir kali Anda menerima sebuah kartu dengan tulisan tangan dari seseorang yang baru saja Anda ajak berbisnis? Tidak bisa mengingat? Mungkin karena Anda tidak pernah menerimanya! Namun, pikirkan betapa senangnya perasaan Anda jika menerimanya. Sekarang bagaimana kalau Anda ingin membuat pelanggan atau klien Anda merasa senang? Merasa senang = hubungan yang lebih kokoh. Hubungan yang lebih kokoh = lebih banyak rekomendasi. Lebih banyak rekomendasi = lebih banyak usaha. Mengertikah Anda?

Berinvestasi pada sebuah paket kartu. Bukan kartu ucapan terima kasih biasa, tetapi sebuah kotak kartu yang mencerminkan siapa Anda. Saya sendiri memiliki beberapa kotak, satu kotak dengan bunga-bunga dan satu lagi dengan pemandangan indah. Kemudian mulai mengrimkan kartu-kartu itu. Tiap kali Anda mendapat pelanggan atau klien baru, kirimilah mereka sebuah kartu yang berisi ucapan terimakasih karena telah memilih perusahaan Anda untuk diajak bekerjasama/ berbisnis. Karena mereka memutuskan untuk memilih perusahaan Anda, bukankah begitu? Mereka mungkin bisa saja mendapatkan produk atau layanan dari perusahaan lainnya. Namun, mereka memilih untuk mendapatkannya dari perusahaan Anda. Bukankah seharusnya Anda merasa gembira? Tentu saja! Jadi beritahulah mereka bahwa Anda gembira.

Saya tidak tahu mengenai Anda tetapi saat saya membaca sebuah kartu bertuliskan tangan dalam tumpukan surat-surat yang saya terima, saya akan membukanya terlebih dahulu. Hal itu terasa lebih penting dari membaca tagihan, dan membuat saya merasa dihargai dan istimewa. Itukah perasaan yang ingin pelanggan atau klien Anda rasakan? Saya pikir juga demikian.

Ikuti tips cepat berikut ini untuk menunjukkan sebagian cinta untuk pelanggan atau klien Anda. Saya berjanji mereka akan menyukai Anda sebagai balasannya!

*Tepat waktu. Kirim sebuah catatan berisi ucapan terima kasih dalam surat paling lambat tujuh hari dari hari saat Anda mulai berhubungan bisnis dengan seorang pelanggan atau klien.

*Jangan kirimkan sebuah kartu korporat murahan. Lebih baik Anda temukan sesuatu hal yang mewakili Anda atau pelanggan/ klien.

*Bila Anda akan menulis "Terima kasih atas kerjasama Anda" dan menandatangani kartu, tidak perlu repot-repot karena Anda hanya akan membuang-buang perangko. Tulislah sebuah catatan kecil yang berisi ucapan terima kasih kepada mereka terutama karena telah membeli produk/ layanan atau rekomendasi yang telah dibuat.

*Jangan berhemat dengan hanya mengirim email. Meskipun gratis dan mudah, email tidak akan semenonjol sebuah kartu dengan tulisan tangan. Dan tidakkah Anda ingin menonjol lebih daripada pesaing?

Mengucapkan terima kasih pada seorang karena telah menghubungi Anda tentang produk atau layanan anda adalah sesuatu hal yang baik, bahkan jika hal itu tidak menambah hasil penjualan hari ini! Namun, proses pembelian dapat berjalan lama. Dan jika seorang pembeli berpikir untuk membeli, apakah yang akan ia pikirkan tentang Anda jika ia mendapatkan kartu dari Anda? Hmmm….

Jangan biarkan satu hari berlalu tanpa mengucapkan terima kasih pada pelanggan atau klien serta banyak orang yang membantu Anda. Kita semua ingat siapa saja yang menghargai usaha dan bantuan kita dan kita dengan cepat melupakan orang yang tidak mengingat usaha dan bantuan kita. Anda ingin menjadi yang mana?

Ditulis oleh Randi Busse. Randi adalah Presiden Workforce Development Group, Inc., sebuah organisasi pelatihan pelayanan pelanggan. Perusahaannya memberikan
pelatihan terkustomisasi untuk memperbbaiki pengalaman pelanggan, menambah retensi pelanggan dan memaksimalkan penerimaan melalui penjualan silang dan atas. Randi dapat duhubungi melalui email di randi@workdevgroup.com. Mendaftarlah untuk mendapatkan newsletter layanan pelanggan bulanan dengan mengunjungi situsnya di www.workdevgroup.com.

◄ Newer Post Older Post ►