Kamis, 17 Maret 2011

MINERAL BELERANG (S)

Posting ini berkaitan dengan matapelajaran Geografi SMA yang diberikan di kelas XI.IPS dengan Standar Kompetensi: 2. Memahami sumberdaya alam, Kompetensi Dasar: Mengidentifikasi jenis-jenis sumberdaya alam, dengan Materi Pembelajaran: Potensi sumberdaya alam, submateri: - sumberdaya alam mineral. Di samping itu berkaitan pula dengan Materi Pembelajaran: Lithosfer yang diberikan untuk kelas X semester 2 dan materi dengan judul yang sama pada Olimpiade Sains Nasional bidang Kebumian.

Belerang (S) merupakan mineral asli (native). Sebagai mineral, belerang memiliki karakteristik sebagai berikut: sistem kristalnya ortorombik, belahan tidak sempurna {001}, kekerasan 1,5 sampai 2,5, berat jenis 2,1, kilap damar (resineus) sampai lemak (greasy), warna kuning sampai coklat kuning, dan gores/ceratnya putih. Mineral ini di permukaan Bumi ditemukan di dalam endapan-endapan yang ada di daerah vulkanik atau dalam mataair panas, di dalam batuan sedimen, kubah garam, dan sebagai mineral sekunder dalam endapan bijih, sulfatar, serta fumarol. Belerang ini menghasilkan gas SO2.

Persebaran belerang di Indonesia mencakup Propinsi Sumatra Utara, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Utara, dan pulau Damar (Maluku). Untuk di Jawa Timur belerang ini ditemukan di kawah gunung Welirang, gunung Arjuno, dan kawah Ijen dalam wujud uap/gas yang kemudian memadat setelah mengalami pendinginan.

Dalam kehidupan sehari-hari mineral belerang digunakan untuk membuat asam belerang (asam sulfat--H2SO4) dalam pembuatan pupuk, penghalusan minyak bahan-bahan kimia berat, untuk membuat ter, mengasami besi baja dan keperluan metalurgi, untuk bahan cat, bahan peledak, rayon, selulose film, ebonit, tekstil, cairan sulfida, karbon sulfida pada industri karet, anti serangga, racun hama, pengawet kayu, dipakai di pabrik kertas dan korek api, untuk proses sulfitasi pada pabrik gula dan kinine, obat-obatan, dan industri kimia.

Sumber:
- Direktorat Pertambangan Departemen Pertambangan. 1969. Bahan Galian Indonesia. Jakarta: Departemen Pertambangan.
- Setia Graha, Doddy. 1987. Batuan dan Mineral. Bandung: Nova.
- Peninjauan Lapangan di Kawah Gunung Welirang.

Keterangan Foto:
- Dokumentasi pribadi dengan contoh mineral belerang kiriman dari Kementrian Pendidikan Nasional.
◄ Newer Post Older Post ►