Rabu, 02 Maret 2011

Rembang Masuk High Endemic Kusta

Rembang- Jumlah penderita kusta di kabupaten Rembang kurun waktu 2009 hingga 2010 hampir seratus persen mengalami peningkatan. Data Dinas kesehatan Kabupaten Rembang tahun 2009 jumlah penderita tercatat hanya 62 orang, meningkat di tahun 2010 menjadi 120 penderita. Peningkatan ini menjadikan kabupaten Rembang masuk dalam kategori Wilayah high endemic kusta.


Kepala Dinas kesehatan Rembang Sutejo melalui kabid pengendali penyakit dan penyehatan lingkungan P2PL Endang Hartutik mengatakan, kabupaten Rembang masuk kategori high endemic penyakit kusta didasarkan pada tingkat revalensi diatas nasional. Revalensi angka kesakitan penduduk tahun 2009 tercatat 1,03 per 10.000 penduduk, meningkat ditahun 2010 menjadi 1,84. Padahal ditingkat nasional target yang ditetapkan 1 atau kurang dari 1 .


Endang Hartutik mengatakan, jumlah penderita kusta di Kabupaten Rembang tersebar di delapan kecamatan, meliputi Sarang, Kragan, Sumber, Gunem, Sale, Sedan, Sluke dan Pancur. Sedangkan enam wilayah diantaranya bebas penyakit kusta. Sedang mayoritas penderita penyakit kusta mereka yang masih dalam usia produktif. Tercatat ada usia sekolah umur 12 tahun menderita kusta. Bahkan satu orang penderita diketahui meninggal dunia.


Ia menjelaskan, penyebaran kusta terjadi dengan cara kontak langsung dengan penderita, bisa melalui keluarga, teman bermain dan lingkungan setempat. Ciri-ciri penyakit kusta adalah sejenis super panu yang mengakibatkan bisa mati rasa, kulit tidak berbulu, tidak gatal, dan tidak berkeringat. Jika mengalami hal yang demikian diminta segeralah berobat ke puskesmas. Karena obat kusta tersedia dipuskesmas dan diberikan secara gratis untuk menghindari kecacatan.


Endang Hartutik menambahkan, ada dua jenis penyakit kusta yaitu kering dan basah. Untuk kusta kering jangka waktu pengobatannya enam sampai sembilan bulan. sedangkan jenis kusta basah selama satu tahun hingga 18 bulan lamanya.


Untuk mencegahnya banyak cara bisa dilakukan, satu diantaranya membiasakan diri mengkuti pola hidup bersih dan sehat. Karena kusta berawal dari pola hidup yang tidak bersih dan sehat,Selain itu Dinas kesehatan Rembang selama lima tahun terakhir juga melakukan monitoring terhadap penderita kusta.


◄ Newer Post Older Post ►