Jumat, 18 Maret 2011

Satpol PP Harus Tanggap Bencana

Bupati Fadeli mewanti-wanti Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) agar meningkatkan kualitas aparat penegaknya. Terutama terkait peran barunya dalam pemberdayaan potensi satuan perlindungan masyarakat (linmas) dalam mendukung penanggulangan bencana.
Dikatakan Fadeli, seiring dengan rencana pengemebangan kelembagaan Satpol PP yang memasukkan bidang linmas, dia berharap ada peningkatan kualitas aparat penegak peraturan daerah yang mumpuni dan mengayomi masyarakat. “Sangat penting agar Satpol PP kedepan mampu mewujudkan potensi linmas dalam mendukung penanggulangan bencana dan penanganan gangguan keamanan ketertiban lainnya di masyarakat, “ ucapnya saat menghadiri tasyakuran HUT Satpol PP ke 61, Kamis Kantor Satpol PP (17/3).
Seperti diketahui, Pemkab Lamongan saat ini sedang mengajukan tiga Raperda. Salah satu diantaranya terkait kelembagaan dipindahkannya kelembagaan linmas dari Bakesbangpollinmas ke Satpol PP. Sehingga tugas pokok, diantaranya terkait penanggulangan bencana yang semula ada di Bakesbangpollinmas juga nantinya akan menjadi kewenangan Satpol PP.
Lebih lanjut dikatakan Fadeli, sejak kelahirannya pada 1950, polisis pamong praja beberapa kali mengalami perubahan nama. Namun secara substansi menurut dia, tugas pokok Satpol PP yang nantinya ditambah linmas tidak mengalami perubahan yang berarti.
“Namun yang paling penting adalah agar dalam setiap peringatan seperti ini agar Satpol PP melakukan introspeksi dan mawas diri. Tentunya dengan semangat tinggi demi mewujudkan masyarakat Lamongan yang sejahtera, “ pungkasnya.
Sebelumnya, Fadeli bertindak sebagai Inspektur Upacara peringatan HUT Satpol PP di alun-alun Kota Lamongan. Dalam ksempatan tersebut dia membacakan sambutan dari Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi.
◄ Newer Post Older Post ►