Selasa, 22 Maret 2011

Tekan angka Pengangguran agendakan Padat Karya

Rembang-Mengingat kabupaten Rembang bukan merupakan kota industri yang memungkinkan menyerap banyak tenaga kerja, Menyebabkan angka pengangguran tercatat masih cukup tinggi.


Kepala Dinas sosial tenaga kerja dan transmigrasi Dinsosnakertrans Suranto mengatakan, angka pengangguran di kabupaten Rembang tercatat sekitar 14 ribuan, sehingga untuk menekan angka pengangguran, Pemerintah Kabupaten Rembang melalui Dinsosnakertrans, pada tahun 2011 ini menggulirkan progam padat karya bekerja sama dengan Pemprov Jawa Tengah. Melalui program tersebut, diharapkan dapat membantu menyerap tenaga kerja.


Suranto menjelaskan, progam padat karya tahun ini terbagi menjadi dua paket. Paket pertama terdiri produktif I dan produktif II, masing-masing diikuti 80 calon tenaga kerja. Sedangkan paket kedua bidang infrastruktur, menyerap 80 tenaga kerja.


Ia menambahkan, selain melaksanakan progam padat karya, pihaknya juga mengadakan pelatihan tenaga kerja untuk disalurkan kepada pihak-pihak yang membutuhkan. Program ini dibagi menjadi 10 paket, masing-masing diikuti 16 peserta. Kemungkinan besar mereka nantinya akan disalurkan bekerja di Kalimantan Tengah.


Saat ini Dinsosnakertrans Rembang juga mendapat tawaran untuk menyiapkan tenaga kerja hingga berjumlah ribuan orang yang rencananya akan ditempatkan di kebun kelapa sawit di Kalimantan Tengah. Berkerja sebagai tenaga kontrak, jika habis masa kerjanya, bisa kembali ke daerah asal atau memperbarui kontrak kerja baru.

◄ Newer Post Older Post ►