Senin, 14 Maret 2011

Tiga Lomba Perahu Layar Internasioal Digelar di Indonesia

BATAM – Wilayah perairan Indonesia akan menjadi tempat digelarnya tiga lomba perahu layar (yard) dunia pada tahun ini, dan salah satunya Singapore Straits Regatta yang ke 17 diselenggarakan pada 26-29 Januari 2011.




Sekditjen Pemasaran Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata (Kemenbudpar), Noviendi Makalam mengatakan, tahun ini Indonesia akan menjadi tuan rumah lomba perahu layer internasional. Pertama Singapore Straits Regatta yang ke 17 di Batam pada Januari 2011, kedua Fremantle to Bali Race and Rally 2011 pada April-Mei 2011 di Bali dan ketiga Sail Sabang 2011 di Sabang pada September 2011.

Dengan adanya lomba tersebut, kata dia diharapkan Indonesia bisa memperoleh manfaat melalui kedatangan wisatawan asing, baik itu sebagai peserta maupun penonton. Untuk itu, pemerintah akan memfasilitasi dan menyempurnakan pelabuhan marina yang refresentatif untuk kapal layar mewah, khususnya di Bali yang sampai saat ini belum tersedia.

Sementara itu, Asisten Manager Nongsa Point Marina, Dwi Hartana sebagai tuan rumah penyelenggara Singapore Straits Regatta yang ke 17 mengatakan, lomba perahu layar internasional yang ke 17 kali ini akan mengambil rute di wilayah Selat Singapore hingga menyeberangi perairan Batam.

“Singapore Straits Regatta adalah perlombaan yang di laksanakan setiap tahun khususnya pada bulan January hasil kejasama antara Singapore Sailing Federation dan Marina – Marina di Singapore dengan Nongsa Point Marina Batam,” katanya, Senin (24/1). Acara ini juga di dukung oleh Dinas Pariwisata Kota Batam dan Angkatan Laut.

Kegiatan lomba kapal layar “Singapore Straits Regatta” pada tahun ini akan berlangsung dari Tanggal 26 sampai 29 Januari 2011.

Jumlah peserta yang akan ikut sebanyak 25 peserta kapal layar berbendera British, Australia, New Zealand, Belanda, German, Canada, Francis, Hongkong, Malaysia, Indonesia, dan di dominasi ole kapal berbendera Singapore.

Adapun Skipper dan Crew-nya berasal dari Amerika, British, Belanda, German, Itali, Francis, Denmark, Swedia, Australia, New Zealand, Irish, Jepang, China, Thailand, Philipine, Malaysia, Singapore, dan Indonesia. Singapore Straits Regatta 2011 yang ke-17 akan memperlombakan Class IRC A, B, C, dan Class PY dan memperebutkan Thropy bergilir NONGSA CUP dan LAKSAMANA CUP.

“Dengan acara Singapore Straits Regatta 2011 tersebut diharapkan agar supaya Visit Batam 2011 dapat didengar dan diketahui oleh wisatawan Mancanegara,” katanya. (gus).
◄ Newer Post Older Post ►