Sabtu, 26 Maret 2011

TipsInvestasi Rumah second


Anda mau berinvestasi property dengan membeli rumah second?

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam memilih rumah second yang akan Anda beli, antara lain :

1. Lokasi
Lokasi keberadaan rumah sangat menentukan "masa depan" rumah itu. Masa depan ini diartikan sebagai nilai sewa rumah tersebut dan daya jual kembali rumah tersebut setelah beberapa waktu. Rumah yang Anda pilih haruslah memiliki lokasi yang strategis yaitu dekat pusat keramaian, pusat kegiatan bisnis, pusat perbelanjaan, permukiman penduduk, sekolah, rumah sakit dan fasilitas umum lainnya. Selain itu akses menuju rumah tersebut harus mudah dijangkau.

2. Keadaan lingkungan
Keadaan lingkungan sekitar rumah haruslah aman, bersih, dan nyaman. Amatilah apakah tersedia pos keamanan di dekat rumah dan apakah wilayah tersebut merupakan wilayah rawan atau tidak. Perlu diperhatikan bahwa daerah tersebut bukan daerah banjir. Biaya renovasi akibat banjir sangat mahal. Anda tidak ingin membuang uang sia-sia setiap banjir datang bukan?

3. Kondisi Fisik Rumah

Perhatikan kondisi fisik bangunan. Cek apakah ada kebocoran, keretakan tembok, keretakan lantai, dan sebagainya. Jika peru melakukan renovasi pada rumah second, perlu Anda perhitungkan dulu kira-kira berapa anggarannya. Sebaiknya pilihlah rumah yang walaupun modelnya kuno tapi memiliki struktur bangunan yang kuat. Soal model bangunan kita bisa memberikan sentuhan modern nantinya.

4. Kondisi Fasilitas Pendukung
Cek kondisi fasilitas pendukung yaitu ketersediaan air, listrik dan jalur telepon/internet sesuai kebutuhan Anda. Saat melakukan pengecekan rumah, perlu Anda coba untuk menyalakan kran air agar dapat diketahui apakah air mengalir dengan baik atau mengalir kecil sekali.

5. Dokumen Rumah
Ini yang sangat penting untuk diperiksa. Cek kelengkapan dokumen rumah yaitu Sertifikat Rumah, PBB dan IMB (ijin Mendirikan Bangunan). Mintalah copy dokumen tersebut terlebih dahulu dan lakukan pengecekan ke kantor pertanahan setempat untuk membuktikan keasliannya.

Setelah Anda mempertimbangkan hal-hal di atas, Anda dapat menentukan berapa penawaran yang terbaik dari rumah second yang Anda inginkan.

◄ Newer Post Older Post ►