Selasa, 01 Maret 2011

Udang Dan Manfaatnya

Udang adalah binatang yang hidup di air, baik itu air tawar atau pun air asin (laut). Selain lezat, udang juga memiliki banyak mengandung protein dan kalsium dan udang termasuk sumber protein hewani. Kandungan nutrisi pada udang dapat di kategorikan sebagai protein yang lengkap karena mengandung asam amino yang tinggi sehingga udang sangat bagus untuk masa pertumbuhan seperti pembentukan otot. Udang bisa di jadikan menu diet karena udang mengandung sedikit kalori energi yang sangat rendah juga mengandung sedikit asam lemak bahkan asam lemak pada udang mengandung omega-3 dan omega-6 yang pada takarannya hingga mencapai 28mg dan 540mg per 100gr untuk udang sehat.

Selain rasanya yang lezat dan nikmat, udang memiliki banyak manfaat jika di konsumsi dengan benar. Manfaat yang dapat di peroleh dari mengkonsumsi udang adalah:
  • Menjaga jantung. Asam lemak esensial yang terkandung pada udang dapat menurunkan kolesterol dalam darah.
  • Mencegah darah rendah (anemia). Kandungan zat besi dan zinc yang tinggi dapat membantu pembentukan darah merah.
  • Menjaga kesehatan mata. Vitamin A pada udang dapat mencukupi kekurangan vitamin A pada darah.
  • Menjaga kesehatan kulit. Vitamin E pada udang dapat mencegah kulit kering.
  • Menjaga gigi, tulang dan sendi. Potassium yang tinggi, vitamin D dan kalsium dapat memenuhi kebutuhan tulang, gigi dan sendi.
  • Mengurangi resiko kanker prostat. Asupan zinc dan seng yang di butuhkan tubuh dapat terpenuhi sehingga pertumbuhan kanker prostat dapat di perlambat.
Jika mengkonsumsi udang ada baiknya jika uda di konsumsi dengan kulitnya karena glucosamine pada udang dapat membantu pembentukan tulang rawan dimana tulang rawan berperan sebagai bantalan pada persendian. Bagi penderita alergi pada udang sebaiknya untuk pengonsumsiannya di batasi. Jika sulit untuk menghindari lebih baik minum obat-obatan anti alergi sebelum mengkonsumsi udang.

Sumber: Dari berbagai sumber.
◄ Newer Post Older Post ►