Rabu, 16 Maret 2011

WAKIL BUPATI BUKA DISEMINASI PNPM-MANDIRI PERDESAAN SE KAB. HSS

Selasa (15/3) bertempat di Gedung Kesenian Kandangan di selenggarakannya pembukaan diseminasi PNPM-Mandiri Perdesaan se Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Acara tersebut di buka oleh Wakil Bupati HSS H.Ardiansyah,S.Hut.

Dalam sambutannya Wakil Bupati H.Ardiansyah,S.Hut menyatakan bahwa HSS mempunyai 29 program dalam pengentasan kemiskinan yakni bersumber dari dana APBN, dana Propinsi dan dana Kabupaten. Dalam sambutannya, Beliau menyampaikan pesan Bupati HSS Dr.H.M.Safi’i,M.Si yang berharap agar program PNPM-Mandiri selaras dan dapat mendukung program ampih miskin, walaupun program ampih miskin berada pada cluster I yakni perbaikan rumah yang tidak layak huni dan kegiatan yang sifatnya menambah penghasilan serta meningkatkan pendidikan keluarga.

Kemudian Wakil Bupati menyampaikan bahwa daerah HSS merupakan daerah paling besar di Kalimantan Selatan dalam persentase penduduk miskin. Oleh karena itu, sejak tahun 2004 setiap satu tahun dialokasikan sebanyak 100 buah untuk perbaikan rumah yang tidak layak huni. Pada tahun 2011 ini, untuk perbaikan pembuatan rumah sasaran rumah tangga masyarakat miskin ada pada pos Pekerjaan Umum dan pos bantuan dari pemerintah propinsi. Adapun PNPM-Mandiri tersebut merupakan program pada cluster II yakni pemberdayaan kelompok.

Selanjutnya, Wakil Bupati mengungkapkan terimakasih kepada PNPM-Mandiri yang sudah memberikan dampak yang signifikan untuk Kab.HSS. Dan beliau menghimbau kepada fasilitator yang ada di desa agar program PNPM-Mandiri tersebut bisa benar-benar sinkron dengan program ampih miskin.

Gusti Nur Aina selaku penyelenggara menyampaikan laporannya bahwa tujuan dilaksanakannya diseminasi PNPM-MPd tersebut adalah penyebarluasan informasi tentang PNPM-MPd tahun 2011, pemantapan visi dan misi PNPM-MPd pada para pelaku program, agar lebih tersosialisasinya program PNPM-MPd di masyarakat, meningkatnya komitmen penyelenggara PNPM-MPd untuk berkonsolidasi baik tingkat perencanaan maupun implementasi di lapangan serta terbangunnya persepsi yang sama diantara pemangku kepentingan dan masyarakat sasaran pemanfaatan PNPM-MPd.

Adapun peserta rapat diseminasi tersebut sebanyak 127 orang yang terdiri dari para penanggung jawab operasional (PJO) Kabupaten yaitu Kepala Bidang yang menangani kelembagaan dan pemberdayaan masyarakat di BPMPD Kab.HSS, para Camat lokasi PNPM-MPd, PJO Kecamatan yaitu Kepala Seksi pemberdayaan masyarakat, TP.PKK Kabupaten, TP.PKK Kecamatan, DPD lembaga pemberdayaan masyarakat Kabupaten, Fasilitator Kabupaten dan Kecamatan serta para Kepala Desa lokasi PNPM-MPd se Kab.HSS. Dan sebagai narasumber pada rapat diseminasi ini berasal dari BPMPD Propinsi Kalsel, BPMPD Kabupaten dan RMC 3. (siska_hms)

◄ Newer Post Older Post ►