Rabu, 13 April 2011

Bakal Lebih Sulit, Satu Soal Ada Lima Paket

Mulai tahun ini akan akan perubahan lain dalam mekanisme teknis pelaksanaan ujian nasional (UN). Yakni penerapan lima paket soal ujian untuk tiap mata pelajaran yang diujikan. Mekanisme ini berbeda dengan tahun lalu yang hanya ada dua paket soal di tiap mata pelajaran.
“Penerapan mekanisme baru ini diharapkan akan dapat meningkatkan kejujuran siswa dan sekolah. Selain itu mekanisme ini juga diharapkan bisa mengurangi kebocoran soal. Karena meski sampai ada yang sukses mendapat bocoran belum tentu urutan soalnya akan sama dengan soal yang dikerjakan siswa di kelas, “ ungkap Kadinas Pendidikan Mustofa Nur melalui Kabag Humas dan Infokom Anang Taufik. Model baru ini seperti dikatakannya, sudah mulai diujikan saat pelaksanaan ujian akhir sekolah (UAS) kemarin.

Secara teknis aturan baru dalam UN ini mengaturt lima paket soal pada satu mata pelajaran. Artinya, dalam satu mata pelajaran akan ada lima model soal yang berbeda dan dibagi secara acak dalam satu ruang secara proporsional. Sehingga tiap siswa dimungkinkan mendapat jenis paket soal yang berbeda dalam tiap mata pelajaran yang diujikan.

“Lima paket soal tersebut dalam satu mata pelajaran yang sama. Misalnya mata pelajaran Bahasa Indonesia, terdapat paket soal A, B, C, D dan E. itupun soalnya dibagi secara acak. Bahkan untuk soal cadangan merupakan paket soal yang berbeda. Sehingga sebenarnya ada enam paket soal di tiap kelas, “ urai dia.

Terkait kebijakan ini akan mempersulit dan menurunkan prestasi siswa, dia mengatakan hal teknis semacam ini tidak akan menjadi kendala. Karena siswa sudah disiapkan secara maksimal oleh masing-masing sekolah dan Dinas Pendidikan untuk berprestasi di UN tahun ini. Aturan baru ini hanya sebagai mekanisme untuk meningkatkan kredibilitas UN saja tanpa bermaksud mempersulit siswa atau bahkan menurunkan prestasinya.

“Dengan adanya mekanisme baru ini, setiap siswa malah bisa lebih berkonsentrasi untuk mengerjakan soalnya sendiri. Karena untuk melihat pekerjaan temannya akan sangat sulit. Belum tentu soalnya akan sama dengan miliknya, “ imbuh dia.

Jadwal UN utama tingkat SMA sederajat tahun ini mulai 18 April 2011 hingga 21 April 2011. Sementara UN susulan mulai 25 April 2011 hingga 28 April 2011. Mata pelajaran yang diujikan adalah Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris ditambah mata pelajaran spesifik masing-masing program. Untuk program IPA ditambah mata pelajaran Biologi, Kimia dan Fisika. Program IPS ditambah Sosiologi, Geografi dan Ekonomi. Dan program Bahasa ditambah Sastra Indonesia, Antropologi dan Bahasa Asing.

Selanjutnya tingkat SMP sederajat, UN utama mulai 25 April 2011 hingga 28 April 2011 dan UN susulan dilangsungkan pada 3 Mei 2011 hingga 6 Mei 2011. Mata pelajaran yang diujikan adalah Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan IPA.
◄ Newer Post Older Post ►