Rabu, 06 April 2011

BATUBARA

Batubara merupakan bahan galian produk sedimentasi dari sisa-sisa tumbuhan air yang terpendam. Perubahan situasi geologi mengakibatkan sisa-sisa tumbuhan tersebut tertimbun pasir dan tanah liat yang berlapis-lapis. Tekanan oleh lapisan penutup dan gerakan tektonik yang kadang-kadang juga dipengaruhi oleh intrusi magma, mengakibatkan perubahan fisik dan kimia pada sisa-sisa tanaman yang tertimbun, sehingga terjadi pemadatan, berkurangnya kadar air yang kemudian terbentuklah gas-gas yang terjebak dalam lapisan penutupnya. Intensitas tekanan dan gangguan dari lapisan penutup menimbulkan sisa-sisa tumbuhan tersebut menjadi peat, lignit, browncoal, bituminius coal, antrasit, dan grafit. Sedangkan sisa-sisa tumbuhan air yang memperoleh kontak dengan magma menghasilkan kokas alam (natural cokes). Jenis tumbuhan air dan jumlah kotoran yang ada dalam timbunan sisa-sisa tumbuhan yang telah tumbang dan mati tersebut akan berpengaruh terhadap kualitas batubara.

Persebaran batubara di Indonesia mencakup Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kalikuning--Pacitan dan Kadu-kadu--Bawean (Jawa Timur), Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Papua.

Penggunaan batubara dalam kehidupan sehari-hari untuk bahan bakar, dipakai oleh perusahaan listrik, industri semen, pembuatan pig iron, baja, gas, tir, amonia, minyak ringan, karet sintetis, detergen, plastik, parfum, obat-obatan, dll.

Posting tersebut di atas berkaitan dengan matapelajaran Geografi SMA yang diberikan di kelas XI.IPS dengan Standar Kompetensi: 2. Memahami sumberdaya alam, Kompetensi Dasar: Mengidentifikasi jenis-jenis sumberdaya alam, dengan Materi Pembelajaran: Potensi sumberdaya alam, submateri: - sumberdaya alam mineral. Di samping itu berkaitan pula dengan Materi Pembelajaran: Lithosfer yang diberikan untuk kelas X semester 2 dan materi dengan judul yang sama pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) bidang Kebumian.


Sumber:
Direktorat Pertambangan Departemen Pertambangan. 1969. Bahan Galian Indonesia. Jakarta: Departemen Pertambangan.

Keterangan foto:
Dokumentasi pribadi dengan obyek koleksi pribadi yang diperoleh dari penambangan batubara di Kabupaten Tanahbumbu, Provinsi Kalimantan Selatan.
◄ Newer Post Older Post ►