Kamis, 07 April 2011

Bisnis untuk Ibu Rumah Tangga


 Terkadang keinginan untuk buka usaha sangat menggebu gebu, tapi begitu keinginan hendak di wujudkan, tak jarang bingung mau melakukan usaha (bisnis) apa. Kalau anda termasuk yang bingung mencari ide bisnis, tak ada salahnya mempertimbangkan beberapa ide berikut ini yang bias dimulai dari rumah. Apalagi bagi ibu rumah tangga, tentu akan terasa sangat menyenangkan. Paling tidak, waktu untuk keluarga tidak banyak tersita dibanding harus bekerja di luar rumah. Berikut beberapa ide terebut:

1. Bisnis Pembuatan Lilin Hias.

Kalau kita melihat di beberapa toko di pusat perbelanjaan atau mall, banyak sekali aneka cenderamata dari lilin. Nah sebenarnya ide bisnis ini termasuk ide bisnis yang harus mengandalkan kreatifitas untuk membuat produk. Pikirkan untuk membuat lilin seunik mungkin dan sesuaikan tema produk dengan beberapa event seperti; Ulang tahun, Valentine, Natal dan lain-lain. Ada website dalam bahasa Inggris yang bagus untuk belajar mengenai pembuatan lilin ini, coba lihat di http://www.candles.org. Unruk pembuatannya sepertinya harus punya ruang tersendiri karena kalau membuat lilin hias di dapur, bisa jadi berantakan dan tentunya bercampur dengan aktivitas anggota keluarga lainnya.

2. Kolektor dan Pedagang Barang Antik

Usaha ini penulis pikir cukup prospektif bila anda memang menyenangi barang-barang antik seperti batik, uang tempo dulu, guci-guci. Sepertinya latar belakang pengetahuan sejarah juga perlu karena untuk memburu barang antik tidaklah mudah apalagi menilai keasliannya. Paling-paling di awal usaha, anda akan kerepotan untuk mencari barang-barang sebagai inventaris, namun setelah barang anda banyak, maka anda mungkin harus meningkatkan upaya untuk meraih lebih banyak konsumen.

3. Bisnis Bunga Potong

Bunga potong adalah sesuatu yang indah dan bisa dijadikan hadiah maupun bisa dijadikan hiasan di setiap rumah. Nah, kalau memang anda hobi berkebun dan menyenangi tanaman, bagaimana kalau membuka bisnis bunga potong? Jadikan rumah anda sebagai pusat penjualan bunga-bunga.

4. Menjadi Penulis

Anda yang lebih senang membaca atau menghadapi laptop dan menulis blog atau apapun, mengapa tidak menjadi penulis sekalian? Penulis ini istilah secara umumnya, namun secara khusus, cabang usaha dari menulis sangat banyak, bisa saja menjadi content writer, penerjemah atau menjadi penulis blog (setelah punya blog, uang bisa didapat melalui berbagai macam program salah satunya paid per click.)

5. Usaha handicraft

Usaha handicraft bisa menjadi usaha yang sangat menarik. Anda bisa pikirkan bahwa handicraft ini bisa dijual sebagai souvenir pernikahan, untuk industri pariwisata dan lain-lain. Sebetulnya memulai produksi handicraft harus mempunyai kreatifitas tinggi. Nah, kalau Anda termasuk orang yang kreatif, kenapa tidak mencobanya?

◄ Newer Post Older Post ►