Senin, 04 April 2011

Fedeli Kritik Musrenbang Yang Hanya Rutinitas

Musrenbang yang bersifat rutin dan dilaksanakan setiap tahun diharapkan jangan dianggap sebagai pekerjaan yang biasa-biasa saja. Hal itu dikatakan Bupati Lamongan Fadeli saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Lamongan tahun 2012 dilaksanakan di Pendopo Lokatantra, Kemarin (29/3).

Dalam forum yang juga dihadiri kalangan perguruan tinggi, dunia usaha dan ormas di Lamongan itu, dia meminta untuk bersama-sama merumuskan rencana pembangunan Lamongan agar nantinya betul-betul berhasil. “Saya beharap agar seluruh pimpinan SKPD untuk memperhatikan prioritas pembangunan dan membuat rencana yang mengalir guna membawa kemajuan Lamongan, “ tegasnya.

“Disinilah ruang untuk menyampaikan aspirasi, menyampaikan pandangan, dan berinteraksi. Sekaligus juga sebagai forum untuk saling mendengar agar solusi yang dipilih, keputusan yang diambil, dan kebijakan pembangunan yang ditetapkan benar-benar tepat untuk mengatasi keadaan utamanya tahun-tahun ini maupun yang akan datang” ujar dia.

Selain itu dia menambahkan, supaya tidak asal membuat rencana, dia mengajak untuk membuat rencana yang mengalir guna membawa kemajuan Lamongan. Yakni dengan perencanaan yang tajam, realistis, dan yang terpenting dapat diwujudkan” ungkapnya.

Berpedoman pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) telah ditetapkan menjadi peraturan daerah serta mengacu kepada prioritas pembangunan Propensi dan Pemerintahan Pusat tahun 2012, dikatakan olehnya, prioritas pembangunan Lamongan tahun 2012 diarahkan pada peningkatan ketersediaan dan kwalitas pelayanan kebutuhan dasar. Terutama dengan menitik beratkan pada program pendidikan dan kesehatan serta infrastruktur jalan.

“Peningkatan juga dilakukan pada ekonomi kerakyatan guna terciptanya peningkatan pendapatan masyarakat dan meningkatkan infrastruktur pedesaan serta mendorong pembangunan disektor pertanian, perikanan, peternakan, dan perkebunan,” pungkas dia.

Hadir pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati Lamongan Amar Saifudin, Ketua DPRD Kabupaten Lamongan Makin Abbas, Kabid Statistik dan Laporan Bappeda Propinsi Taufik Kartiko, Sekretaris Bakorwil Bojonegoro Dradjat Hardijanto, Sekda dan Asisten Kabupaten Lamongan, para Pimpinan SKPD Kabupaten Lamongan, Camat se-Kabupaten Lamongan. Juga hadir di kesempatan itu pimpinan Perguruan Tinggi Kabupaten Lamongan, LSM, dunia usaha, dan ormas-ormas setempat.
◄ Newer Post Older Post ►