Selasa, 05 April 2011

HIPMI Diharap Tumbuhkan Wirausaha Muda

Rembang-Wakil Bupati Rembang H Abdul Hafidz mengharapkan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), Badan Pengurus Cabang Rembang bukan hanya menjadi lembaga sebatas memiliki azas legalitas semata. Namun jajarannya harus mampu menumbuhkan dan meningkatkan generasi muda yang berjiwa wirausaha. Hal tersebut disampaikan saat menghadiri pelantikan HIPMI badan pengurus cabang (BPC) Rembang masa bhakti 2011-2013 di pendopo kabupaten baru-baru ini.


Dalam pesannya Wakil Bupati mengharapkan kepada HIPMI Rembang memiliki rumusan rencana strategis yang disusun dari hasil pembahasan dengan stakeholder, untuk selanjutnya diwujudkan sebagai sasaran program kerja tahunan. Sehingga kurun waktu lima tahun kedepan setidaknya menumbuhkan tingkat kewirausahaan hingga 10% dari sekarang.


Ditambahkan, saat ini dari jumlah penduduk Rembang sekira 600 ribu jiwa, terdata wirausaha dijalankan 5.700 orang, atau kurang dari 1%. Perlu diupayakan progres pertumbuhan berkesinambungan agar setiap tahun jumlahnya terus meningkat.


Sementara itu Ketua HIPMI BPC Rembang, Ahmad Rofiq Mahfudz usai pelantikan menyebutkan, untuk menjaga eksistensi organisasi pihaknya akan mengambil beberapa langkah, pertama melakukan rekrutmen anggota. Kedua menginventarisir potensi usaha baik yang sudah berjalan atau belum untuk dioptimalisasi, kemudian ketiga membangun jaringan kerja dengan seluruh stakeholder.


Rofiq menambahkan, jajarannya akan berkiprah secara luas, terutama menciptakan usaha mandiri di sektor perikanan dan kelautan yang belum banyak diserap, untuk menekan angka pengangguran. Dari sekira 14 ribuan tenaga kerja yang saat ini belum memiliki pekerjaan diharapkan turun separuhnya dalam waktu dua tahun kedepan.


Pelantikan HIPMI Badan Pengurus Cabang (BPC) Rembang dilakukan oleh Ketua HIPMI Badan Pengurus Daerah (BPD) Jawa Tengah, Dede Indra Permana Sudiro. Susunan pengurus HIPMI BPC Rembang masa bhakti 2011-2013 meliputi Ketua Ahmad Rofiq Mahfudz, Sekertaris Ridwan, Bendahara Zaenul Umam, dilengkapi beberapa kompartemen.


Usai pelantikan dan pengambilan sumpah, digelar seminar bertajuk Membangun Jiwa Wirausaha Bagi Pemuda, menampilkan narasumber H Moch Salim yang juga Bupati Rembang, Ketua BPD Hipmi Jawa Tengah Dede Indra Permana Sudiro dan Kepala BRI Cabang Rembang Azis Widodo Husodo.

◄ Newer Post Older Post ►