Selasa, 05 April 2011

Ide Bisnis | Bisnis Tiket Online

Berwirausaha adalah salah satu cara untuk menambah pemasukan keluarga. Sayangnya, banyak orang mengalami kesulitan membangun usaha akibat terhadang urusan modal. Modal besar memang bisa menunjang kelancaran usaha, tetapi tidak jadi jaminan, lho. Banyak yang telah membuktikan bahwa dengan modal yang relatif sedikit bisa memperoleh keuntungan berlipat ganda.

Nah, bisnis dalam bidang transportasi adalah satu di antara sekian bisnis unggulan. Selama masih ada kehidupan, masih akan ada kebutuhan untuk bepergian.


Anda bisa memulai usaha pemesanan tiket pesawat secara online. Saat ini ada penyedia jasa yang juga menawarkan kemitraan (waralaba). Dengan membayar sejumlah uang, Anda akan bisa mengakses jaringan berbagai maskapai untuk melakukan pemesanan sendiri.

Salah satunya adalah City Terminal Online System (Citos, www.citosconnection.com). Menurut pendirinya, Budikari Yunianto, Citos diciptakan pada Maret 2008 untuk memberi kemudahan bagi siapa saja yang ingin berbisnis tiket secara online. Saat ini Citos menyediakan tiket pesawat semua maskapai dalam negeri yang beroperasi di berbagai wilayah Indonesia. Menarik bukan?

Cara bergabungnya mudah. Anda hanya perlu mengisi formulir pendaftaran yang tersedia di situs Citos. Jika semua sudah lengkap, Anda bisa online saat itu juga. Setelahnya Anda akan mendapatkan user ID yang bisa terhubung dengan semua maskapai. Setelahnya, Anda bebas menelusuri dunia maya untuk mencari penawaran terbaik bagi para calon pelanggan.

Keuntungan berbisnis pemesanan tiket online:
1. Cepat dan praktis. Anda tidak perlu menyewa tempat karena bisa melakukannya di mana saja selama ada listrik dan internet. Peralatannya pun sederhana, yaitu seperangkat komputer dengan printer. Pembayaran dilakukan lewat transfer bank.

2. Sudah punya jasa travel sendiri. Menurut Budikari, keuntungan yang Anda peroleh sama besarnya dengan perusahaan travel lain. Besar komisi rata-rata tujuh persen.

3. Prospeknya sangat menjanjikan. Dalam waktu dekat, Citos akan menambah layanan dengan menyediakan pemesanan tiket kereta api. Setelah itu, di masa depan akan diperluas dengan tiket kapal laut, paket wisata, dan paket umrah.

4. Punya jaringan luas dengan mudah. Karena sistemnya sudah tersedia dan berjalan, Anda hanya perlu mengikuti. Anda tidak harus repot membangun hubungan dengan pihak-pihak maskapai.

5. Balik modal dalam waktu singkat. Transportasi dibutuhkan semua orang, apalagi pada masa-masa libur. Keuntungan Anda pada masa itu akan meningkat tajam dan modal awal pun sudah bisa kembali.

Perkiraan jumlah modal
Biaya bergabung                                    Rp 2.000.000
Deposit dan jaminan kemitraan               Rp 7.000.000
Biaya bulanan                                        Rp   700.000
Komputer (1 buah)                                 Rp 3.000.000
Printer (1 buah)                                     Rp 1.100.000
Tinta printer                                          Rp     30.000
Internet & listrik (per bulan)                    Rp   300.000
Administrasi                                           Rp   100.000
Jasa antar (per bulan)                            Rp   700.000

Total                                                    Rp 14.930.000
(Majalah Sekar/Tassia Sipahutar)
Sumber : ciputraentrepreneurship.com
◄ Newer Post Older Post ►