Minggu, 03 April 2011

Jaring Ingsang Lingkar

Jaring Ingsang Lingkar



Jaring insang lingkar biasanya hanya dioperasikan di perairan pantai yang tidak begitu dalam atau di perairan yang kedalamannya tidak melebihi dari tinggi jaring yang akan dioperasikan. Pemasangan jaring (setting) biasanya dilakukan pada siang hari meskipun ada juga yang pemasangannya dilakukan pada malam hari dengan menggunakan alat bantu cahaya (light fishing).



Konstruksi jaring
Kontruksi jaring insang lingkar ada yang terdiri dari jaring insang satu lembar dan ada juga yang terdiri dari jaring insang tiga lembar, untuk jaring insang satu lembar memakai ukuran mata jaring 1 inchi s/d 3 inchi, dan untuk jaring insang tiga lembar, bagian dalamnya memakai ukuran mata jaring 1-1.5 inchi, dan bagian luamya memakai ukuran mata jaring 5-6 inchi. Nomer benang untuk jaring bagian dalam memakai no. 2 10D/6, dan bagian luamya 210D/10-12. Panjang jaring dalam satu tingting bervariasi mulai dan 100-40 Dm.
Metode Pengoperasian Jaring Insang Lingkar (Martasuganda S. 2001) bisa dilihat pada gambar


Metode pengoperasian yang dilakukan pada slang hari
Metode pengoperasian jaring insang lingkar yang dioperasikan pada siang hari yaitu dengan cara; Melingkarkan jaring insang 1 lembar (gilinet) atau campuran dari jaring insang 1 lembar dan jaring insang 3 tembar (trammel net dengan hanya satu perahu atau dua perahu pada gerombolan ikan, atau melingkarkan jaring insang 1 lembar (gilinet) atau campuran dari jaring insang 1 lembar dan jaring insang 3 lembar (trammel net) dengan hanya satu perahu atau dua perahu di perairan yang sudah diperkirakan ada ikan, kemudian setelah ikan terkurung, selanjutnya dilakukan pengangkatan jaring (hauling).

Melingkarkan jaring insang dengan hanya dengan satu perahu atau dua perahu pada gerombolan ikan, atau melingkarkan jaring dengan hanya satu perahu atau dua perahu di perairan yang sudah diperkirakan ada ikan, kemudian setelah ikan terkurung, untuk mempercepat proses penangkapan di bagian dalam dan perairan yang terkurung dipasang jaring insang 1 lembar (gillnet} atau dengan jaring insang 3 lembar (trammel net).

Melingkarkan jaring insang dengan hanya satu perahu atau dua perahu pada gorombolan ikan, atau melingkarkan jaring dengan hanya satu perahu atau dua perahu di perairan yang sudah diperkirakan ada ikan, kemudian setelah ikan terkurung, untuk mempercepat proses penangkapan di bagian daam dan perairan yang terkurung ditakut-takuti dengan cara memukul -mukul permukaan perairan.
Melingkarkan jaring insang dengan hanya satu perahu atau dua perahu pada gorombolan ikan, atau melingkarkan jaring dengan hanya satu perahu atau dua perahu di perairan yang sudah diperkirakan ada ikan, kemudian jaring ditarik supaya ikan terjerat atau terpuntal pada jaring.


Metode pengoperasian yang dilakukan pada malam hari
Metode pengoperasian jaring insang lingkar yang dioperasikan pada malam yaltu dengan cara :
Pertama-tama ikan dikumpulkan dengan memakai alat bantu cahaya pengumpul ikan (light fishing), setelah ikan diperkirakan sudah terkumpul, jaring dilingkarkan dan untuk mempercepat proses penangkapan, ikan yang telah terkurung ditakut-takuti, selanjutnya dilakukan pengangkatan jaring (hauling).

Jumlah setting dan hauling untuk jaring insang lingkar yang dioperasikan pada siang hari dan pada malam hari, akan berbeda untuk setiap nelayan yang mengoperasikannya.

Jenis hasil tangkapan
Ikan yang beruaya ke perairan pantai.
Perahu dan nelayan
Jenis perahu yang digunakan bisa perahu motor tempel atau perahu motor, jumlah nelayan bisa mulai dan 2 s/d 3 orang.

Musim penangkapan
Musim penangkapan umumnya dilakukan sepanjang tahun.

Daerah penangkapan
Daerah penangkapan yang umum dijadikan tempat untuk pengoperasian jaring insang lingkar adalah perairan pantai dengan kedalaman mulai dari 2 s/d 6 m.

Pemeliharaan alat
Untuk memelihara alat tangkap supaya tahan lama, setiap setelah dipergunakan sebaiknya dibersihkan, dikeringkan di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung, bagian yang rusak diperbaiki.

Pengadaan alat dan bahan
Bahan dan alat untuk pembuatan jaring bisa dibeli di toko perlengkapan nelayan atau toko jaring, untuk partai besar bisa dibeli di PT Anida atau PT Indoneptun.
Kisaran harga satuan peralatan Perahu tanpa motor/perahu motor tempel Rp. 2.000.000,- s/d Rp. 5.000.000,-. Satu ting-ting jaring dengan panjang 100 m, dan tinggi 4 m, mulai dan Rp. 1.500.000,- s/d Rp. 3.000.000,-

Pernah Diaplikasikan di (Kabupaten Seluma, Kabupaten Seram Bagian Timur, kabupaten kaur

Sumber : Dit PMP, DKP
Kontak : kementerian Kelautan dan Perikanan
direktorat Jenderal Kelautan, Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil Jl. Medan Merdeka Timur No. 16 Lantai 9 Tel. (021)3519070 (Hunting) Fax. (021) 3522560 Jakarta
◄ Newer Post Older Post ►