Minggu, 03 April 2011

Jaring Insang 3 Lembar (TRAMEL-NET)

Jaring Insang 3 Lembar
(TRAMEL-NET)

Jaring insang tiga lembar atau disebut juga dengan trammel net adalah jaring yang konstruksinya terdiri dari tiga lembar jaring. Jaring ini umumnya dipergunakan untuk menangkap ikan dasar termasuk jenis udang







Penangkapan ikan kakap merah
Salah satu dari alat tangkap yang cocok untuk menangkap ikan kakap merah dan ikan di perairan pantai adalah alat tangkap yang disebut dengan jaring insang tiga lembar atau dalam bahasa asingnya disebut dengan “trammel net”.

Konstruksi jarring Konstruksi dari trammel net terdiri dari tiga lembar jaring, satu lembar jaring dengan ukuran mata yang kecil (jaring bagian dalam) dan dua lembar jaring dengan ukuran mata yang besar (jaring bagian luar). Jaring yang ukuran matanya kecil diapit dengan jaring yang ukuran matanya besar Jaring bagian luar.

Bahan Amilan No.210D/6, besar mata jaring (mesh size) 8.89 cm (3 inci), jumlah mata ke arah tinggi jaring 4.5 mata. Jumlah mata ke arah panjang 21 mata/m.


Jaring bagian dalam
Bahan Amilan No.210D/3-210D/6, besar matajaning (mesh size) 5.08 (2 inci)-6.35 cm (2.5 mci) dan jumlah math ke arab tinggi janing 50 mata. Jumlah mata ke arab panjang 32 math/rn.

Panjang jaring
Panjang jaring dalam satu tingting (piece) yang terbaik adalah 40.5 m.

Metode pengoperasian
Jumlah piece yang harus dipakai disesuaikan dengan kondisi modal yang ada atau disesuaikan dengan kondisi daerah penangkapan. Jaring diset menetap di dasar perairan, pemasangan jaring sebaiknya dilakukan 30-bc sebelum matahari terbit dengan lama perendaman selama 2-3 jam.

Daerah penangkapan
Daerah penangkapan terbaik adalah daerah penangkapan sebelumnya sudah diketahui adanya keberadaan ikan kakap merah, biasanya di perairan berkarang kemudian jaring dipasang melingkari karang atau dipasang di dekat karang. Jaring ini bisa dioperasikan sampai kedalaman 80-120 m


Musim penangkapan
Musim penangkapan sepanjang tahun.

Pemeliharaan alat
Pemeliharaan alat tangkap sebaiknya setelah alat dipakai dicuci dengan air tawar, bagian yang rusak diperbaiki, dikeringkan di tempat yang tidak kena sinar matahari secara langsung dan disimpan ditempat yang bersih.

Pengadaan alat dan bahan jaring
Alat dan bahan jaring bisa diperoleh di semua toko perlengkapan nelayan di lokasi terdekat atau bisa dipesan dari pabrik jaring “PT. Arida” di Cirebon atau “PT Indoneptun” di Ranca Ekek Bandung.



Sumber :
• Dit PMP, DKP
• Kontak : Kementerian Kelautan dan Perikanan Direktorat Jenderal Kelautan, Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil Jl. Medan Merdeka Timur No. 16 Lantai 9 Tel. (021)3519070 (Hunting) Fax. (021) 3522560 Jakarta
◄ Newer Post Older Post ►