Minggu, 03 April 2011

JARING INSANG SATU LEMBAR

JARING INSANG SATU LEMBAR




Gambar 1. Metode Pengoperasian Gillnet Kepiting
Sumber: Dit PMP, DKP

Jaring insang satu lembar atau disebut juga dengan gillnet adalah jaring yang konstruksinya terdiri dari hanya satu lembar jaring. Besar mata jaring semuanya sama, pada bagian atasnya dilengkapi dengan pelampung dan pada bagian bawahnya dilengkapi dengan pemberat. Jenis jaring ini ada yang dipasang di dasar perairan atau di permukaan perairan.



Penangkapan kepiting (rajungan) Alat tangkap yang cocok untuk menangkap jenis-jenis kepiting yang ada di perairan pantai adalah alat tangkap yang disebut dengan Jaring insang satu lembar (jaring kejer) atau dalam bahasa asingnya disebut dengan ‘gillnet net’.


Konstruksi jarring
Konstruksi dari jaring kejer terdiri dari hanya satu lembar jaring (badan jairing) di mana ukuran matanya adalah sama, Pada bagian atas dilengkapi dengan beberapa pelampung dan pada bagian bawah dilengkapi dengan pemberat.


Badan jarring
Bahan PA Monofilament d. 0.2 mm, besar mata jaring (mesh size) 8.89 cm (3.5 inci), jumlah mata ke arah tinggi jaring 6-7 mata dan jumlah mata dalam satu meter ke arah panjang jaring 16.5 mata/meter


Panjang jarring
Panjang jaring dalam satu tingting (piece) untuk bagian tali ris atas adalah 40-50 m dan untuk bagian tali ris bawah adalah 42-52 m.


Metode pengoperasian Jumlah piece disesuaikan dengan besar kapal, modal dan kemampuan nelayan yang mengoperasikannya, tetapi umumnya memakai 10-20 piece. Pemasangan jaring (setting) dilakukan setelah matahari terbenam dengan cara diset menetap di dasar perairan selama 10-12 jam.


Daerah penangkapan Daerah penangkapan terbaik adalah di daerah penangkapan yang sebelumnya sudah diketahui adanya keberadaan kepiting (rajungan).


Biasanya di perairan yang dangkal (5 10 m), datar dengan dasar perairan lumpur bercampur pasir. Sangat cocok di perairan yang berdekatan dengan muara sungai atau perairan yang di sekitarnya banyak ditumbuhi pohon rnangrup (mangrove).


Pemeliharaan alat
Pemeliharaan alat tangkap sebaiknya setelah alat dipakai dicuci dengan air tawar, bagian yang rusak diperbaiki, dikeringkan di tempat yang tidak kena sinar matahari secara langsung dan disimpan ditempat yang bersih.


Pengadaan alat dan bahan jarring Alat dan bahan jaring bisa diperoleh di semua toko perlengkapan nelayan di lokasi terdekat atau bisa dipesan dan pabrilc janing “PT. Arida” di Cirebon atau “PT Indoneptun” di Ranca Ekek Bandung.


Musim penangkapan
Musim penangkapan sepanjang tahun. Kisaran harga satuan peralatan Kapal motor tempel Rp. 10,000,000-15,000,000,- Jaring 20-30 piece Rp. 1,000,000-1,500,000.-


sudah Diaplikasikan di (Kabupaten Yapen Waropen, Kabupaten Ketapang, Kota Palu, Kabupaten Kebumen, Kabupaten Buleleng, Kabupaten Seram Bagian Timur, Kabupaten Kaur)

Sumber :
Dit PMP, DKP
Kontak Kementerian Kelautan dan Perikanan Direktorat Jenderal Kelautan, Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil Jl. Medan Merdeka Timur No. 16 Lantai 9 Tel. (021)3519070 (Hunting) Fax. (021) 3522560 Jakarta
◄ Newer Post Older Post ►