Minggu, 03 April 2011

Kesalahan Fatal Memulai Bisnis

PDF Cetak E-mail
Sabtu, 02 April 2011 09:25
kesalahan_memulai_bzSetiap orang tentu berharap bisnis baru yang mereka kembangkan bisa berjalan lancar dan menguntungkan. Akan tetapi, jika kurang berhati-hati melangkah, sejumlah kesalahan finansial yang dilakukan bisa berakibat fatal dan menghancurkan kelangsungan bisnis.

Nah, jika Anda berniat untuk memulai bisnis kecil pribadi, ada baiknya belajar dari beberapa kesalahan-kesalahan finansial yang umumnya dilakukan pemilik bisnis, seperti diutarakan Alice Magos, seorang penulis senior dan analis bisnis kecil, berikut ini:

Perencanaan burukBanyak pebisnis baru membuat perkiraan optimis yang liar tentang penjualan di masa depan, kata Magos. Agar bisa bertahan, Anda harus membuat perkiraan keuangan secara mendetail yang mencakup strategi harga, perkiraan pengeluaran langsung serta variabelnya, dan perencanaan arus kas. Jika ragu, pikirkan kemungkinan penjualan terburuk dan lebihkan perkiraan tagihan Anda. Anda juga harus menganalisis target pasar dan mempelajari para pesaing Anda.

Kekurangan modalHal ini merupakan kesalahan terbesar dalam memulai bisnis baru menurut Magos. Modal awal yang kurang bisa menghancurkan usaha dan membahayakan biaya hidup keluarga Anda. Sebelum memulai sebuah bisnis, pastikan Anda memiliki uang tunai di tangan untuk mencukup kebutuhan hidup sehari-hari, sampai mendapatkan pelanggan yang memberikan keuntungan untuk bisnis Anda.

Gagal membuat catatan akurat"Ketidakacuhan bukan kebahagiaan dalam bisnis," kata Magos. Gagal membuat catatan keuangan secara akurat bisa menimbulkan masalah dengan pajak usaha, dan berisiko mengancam masa depan bisnis Anda. ''Catatan akunting memberitahu Anda apa yang berjalan benar dan apa yang salah, dan memberi petunjuk mengenai jebakan yang mungkin muncul di masa depan," katanya.

Gagal mengelola arus kasKelebihan inventaris, manajemen akun piutang yang buruk, dan kebijakan kredit yang buruk dapat membuat bangkrut usaha yang dinyatakan layak. "Ini adalah penyebab seretnya aliran kas Anda," kata Magos.

Kurangnya asuransi memadai dan manajemen risikoKurangnya perencanaan untuk skenario terburuk dapat mengundang bencana, baik dalam bisnis maupun kehidupan pribadi. Pilih badan hukum terbaik untuk membatasi kewajiban pribadi Anda. Gunakan asuransi untuk mentransfer risiko. Selain itu, jangan lupa untuk menganggarkan dana untuk melindungi aset fisik dan digital Anda, Magos memperingatkan.

Sumber:
http://ciputraentrepreneurship.com/amankan-bisnis/7477-kesalahan-fatal-memulai-bisnis.html
◄ Newer Post Older Post ►