Selasa, 05 April 2011

Masjid Tertua di Sulang Direnovasi

Sulang-Ratusan warga desa Sulang kecamatan Sulang, kemarin bahu membahu membongkar Masjid Baiturrohman yang tergolong tua di Kecamatan setempat.


Muksan, Ketua Ta’mir Masjid Baiturrohman menerangkan, pembongkaran sengaja dilakukan karena masjid yang terletak tepat di jantung Kecamatan Sulang tersebut sudah tua. Bangunannya lapuk dan perlu segera diperbaiki. Sesuai permufakatan para alim, ulama, tokoh masyarakat dan semua warga, Masjid Baiturrohman direnovasi pada bangunan induk. Dimaksudkan agar jama’ah nantinya merasa lebih nyaman saat melakukan ibadah, juga sekaligus ditujukan untuk memperindah bangunan masjid.


Menurut H Muksan, bangunan induk tersebut sebelumnya telah direnovasi sebanyak dua kali yakni saat sebelum zaman kemerdekaan dan era 70-an. Terhitung sampai sekarang sudah cukup lama, membuat beberapa bagian bangunan lapuk. Apalagi, desain bangunan induk saat itu tiang-tiangnya tidak menggunakan cor beton melainkan tiang kayu yang dihimpit dinding tembok, akan direnovasi sesuai kasanah bangunan modern, agar lebih kokoh dan kuat.


Sementara Bendahara Ta’mir Masjid Baiturrohman, H Saifudin mengatakan, bangunan induk masjid yang baru nantinya sedikit meniru gaya arsitektur Timur Tengah dengan rencana pembiayaan mencapai 1,5 milyar. Sesuai dengan Rencana Anggaran dan Biaya (RAB) yang disusun panitia, dibutuhkan dana sekitar 1,5 milyar untuk pengerjaan bangunan induk hingga finishing.


Dana digali dari iuran semua warga plus donator dermawan yang peduli, untuk tenaga kerja, panitia akan melibatkan segenap warga, digilir bergantian sebagai tukang. Untuk menutup kekurangannya, takmir berusaha mengetuk hati siapa pun agar mau menyisihkan sebagian hartanya untuk kelangsungan pembangunan, termasuk donasi dari warga Sulang yang saat ini sukses di luar daerah.

◄ Newer Post Older Post ►