Rabu, 13 April 2011

Peluang Budidaya Ternak Ikan Gurame

Peluang budidaya ternak ikan gurame memiliki prospek yang cukup bagus, karena ikan gurame memiliki rasa daging yang enak dan gurih sehingga banyak konsumen yang menyukainya.


Untuk ternak ikan gurame ini anda harus mempersiapkan kolam tanah yang cukup dan berjenis tanah liat atau lempung. Sebaiknya tanahpun cukup mengandung humus dan pasokan air yang cukup sehingga dapat dipastikan kolam tidak akan mengalami kekeringan.

Ada beberapa jenis gurami diantaranya adalah gurami angsa, gurami jepun, blausafir, paris, bastar dan porselen. Ikan gurame ini banyak diternakan di Jawa Barat khususnya di kabupaten Bogor. Dibanding gurame jenis lain, porselen lebih unggul dalam menghasilkan telur. Jika induk bastar dalam tiap sarangnya hanya mampu menghasilkan 2000-3000 butir telur, porselen mampu 10.000 butir.

Benih dapat dipindahkan setelah benih berumur 1 bulan. Bibit yang terawat baik bisa mencapai bobot 0,3 gram/ekor pada saat dipanen. Kemudian dipindahkan ke kolam pembesaran. Pemanenan hasil pembesaran ikan gurame umumnya dilakukan setelah ikan berumur 2-3 tahun, ikan yang berumur 2 tahun mempunyai panjang sekitar 25 cm dan berat 0,3 kg/ekor, sedangkan untuk ikan yang berumur 3 tahun panjangnya sekitar 35 cm dan berat badan 0,7 kg/ekor. Untuk ikan berumur 4 tahun panjangnya dapat mencapai 40 cm dan berat 1.5 kg/ekor.
◄ Newer Post Older Post ►