Selasa, 05 April 2011

TNI Gelorakan Semangat Bela Negara Dan Wawasan Kebangsaan

Rembang-Jajaran TNI terus mengupayakan pencerahan kepada generasi muda terhadap wawasan kebangsaan dan semangat bela negara yang dinilai melemah beberapa tahun terakhir. Langkah ini sebagai wujud keprihatinan dengan degradasi moral dan mental generasi muda bangsa terhadap wawasan kebangsaan dan semangat bela negara.


Komandan Kodim 0720 Rembang, Letnan Kolonel ARM Deddy Jusnar Hendarawan menyebutkan, sebagai langkah awal menugaskan Babinsa tampil sebagai instruktur pada kegiatan pramuka di jenjang sekolah SMP dan SMA sederajat. Yakni kembali menanamkan semangat juang, nilai-nilai kepahlawanan, ke-Bhineka Tunggal Ika-an, implementasi Pancasila dan menghormati perbedaan dalam sendi-sendi kehidupan, yang diselaraskan dengan pengetahuan dasar kegiatan kepramukaan.


Langkah ini telah diinstruksikan kepada seluruh Babinsa dengan tampil sebagai tenaga pendidik/instruktur ekstrakulikuler pramuka di sekolah-sekolah SMP dan SMA yang berada di wilayah binaannya. Kegiatan dimulai bulan April ini, menindaklanjuti perintah Markas Besar TNI.


Lebih lanjut disampaikan Komandan Kodim 0720 Rembang, Letnan Kolonel ARM Deddy Jusnar Hendarawan, pada awal kegiatan materi yang diberikan tentang pemahaman bela negara dan wawasan kebangsaan, seterusnya diberikan materi pendukung lain, diantaranya teknik dasar SAR, jelajah alam, survival dan lainnya. Dalam perkembangannya nanti, direncanakan membentuk gerakan pramuka secara khusus di bawah binaan Kodim 0720 Rembang di setiap Koramil, mereka akan dilibatkan dalam aksi-aksi sosial Kodim 0720 Rembang.


Ditambahkan, anggota Saka Wira Kartika tiap Koramil juga akan diberikan pengetahuan penanggulangan bencana, penanganan korban bencana dan harus bisa memasak karena sewaktu-waktu bisa saja berperan di dapur umum ketika terjadi bencana di daerahnya.

◄ Newer Post Older Post ►