Senin, 11 April 2011

TOMAT RASA KURMA (TORAKUR)

Buah Tomat bisa diolah menjadi produk olahan pangan, yang mempunyai nilai ekonomis tinggi dan mempunyai cita rasa, persis rasa kurma atau sering disebut produk olahan manisan tomat.

Tomat merupakan komoditi hortikultura yang tersedia melimpah karena dibudidayakan di hampir di seluruh wilayah Indonesia ini, dan semua lapisan masyarakat pasti menggunakan tomat untuk membuat bahan masakan maupun minuman jus buah. Buah tomat digemari dan dikonsumsi oleh banyak orang Indonesia.
Kebiasaan petani tomat kebanyakan menjualnya sebagai buah segar, begitu juga para pedagang sehingga kalau tidak laku atau harganya jatuh, buahnya banyak menjadi busuk dan diabuang begitu saja, sebagai sampah.

Secara basional produksi tomat besar sekali, sehingga produk olahan manisan tomat ini juga bisa dijadikan peluang usaha, bagi masyarakat pedesaan, dalam upaya menambah pendapatannya karena proses pembuatannya yang sangat mudah dengan bahan baku yang murah dan mudah didapat.Bahan - bahan yang digunakan dalam proses pembuatan torakur adalah sebagai berikut :

☻1 Kg Tomat masak segar dengan diameter 3 – 4 cm, lebih bagus kalau dipetik langsung dari pohon.

☻Gula putih 200 Gram.

☻Air kapur secukupnya (dengan campuran air 1 liter + 1 sendok makan kapur).


Adapun teknik pembuatan torakur ada beberapa tahap yaitu :

☻Buah tomat dicuci bersih dan setelah itu ditusuki dengan tusuk gigi, dibeberapa tempat. Selanjutnya buah tomat ditekan – tekan / dipijit – pijit guna mengeluarkan air dan biji di dalam buah tomat sehingga tuntas, tinggalah daging buahnya saja.

☻Tomat selanjutnya direndam dalam air kapur sampai tenggelam selama 2 jam. Angkat buah tomat kemudian dicuci lagi sampai bersih, lalu tiriskan sampai tidak ada air yang menempel pada buah tomat.

☻Masukkan buah tomat dan gula putih dalam wajan. Masak dengan api sedang supaya hasil manisan warnanya lebih bagus (tidak gosong), diaduk – aduk setiap saat dan pemasakan ini dilakukan selama kurang lebih 1 jam, jadilah manisan.

☻Manisan tomat dijemur diterik matahari selama lebih kurang 1 hari penyinaran, sehingga buah tomat bentuk dan rasanya seperti buah kurma, baru kemudian dikemas dan dapat dipasarkan ke konsumen atau di simpat ditempat yang kering dan tidak lembab atau juga dapat disimpan didalam lemari pendingin.
◄ Newer Post Older Post ►